Muktamar PKB, Nama Cak Imin di Baliho Berubah Jadi Gus AMI

CNN Indonesia | Selasa, 20/08/2019 10:44 WIB
Muktamar PKB, Nama Cak Imin di Baliho Berubah Jadi Gus AMI Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar akan memimpin Muktamar PKB, di Nusa Dua, Bali, Selasa (20/8). (CNN Indonesia/Tri Wahyuni)
Bali, CNN Indonesia -- Muktamar Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Nusa Dua, Bali, digelar Selasa (20/8). Berbagai atribut yang menjadi ornamen khas partai yang didirikan pada 1998 tersebut sudah memeriahkan tiap sudut Pulau Dewata.

Pantauan CNNIndonesia.com di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, sudah terpampang baliho penyambutan yang bertuliskan 'Selamat Datang Muktamirin' dengan foto Ketum PKB Muhaimin Iskandar yang terletak di dekat gerbang kedatangan bandara.

Tak hanya itu, ada pemandangan menarik turut terlihat di sisi jalan raya sepanjang Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menuju lokasi Muktamar PKB di Nusa Dua. Jalan-jalan tersebut turut dimeriahkan oleh jejeran baliho yang memampang foto Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di sisi jalan.


Menariknya, foto Muhaimin itu dalam Baliho itu turut tertulis nama Gus AMI. Gus AMI sendiri diketahui sebagai akronim dari nama panjang Muhaimin yakni Abdul Muhaimin Iskandar.
Wasekjen PKB Ahmad Iman Syukri menyebut banyak kader PKB yang menginginkan agar Muhaimin dipanggil dengan sapaan Gus AMI ketimbang Cak Imin. Cak Imin sendiri sudah dikenal oleh masyarakat sebagai nama sapaan akrab Muhaimin selama ini.

"Banyak aspirasi dari bawah. Karena banyak orang yang sebenarnya bukan gus tapi dipanggil gus. Cak Imin ini genealoginya benar-benar gus tapi malah dipanggil cak [Imin]," jelas Iman kepada wartawan di Sekitar Nusa Dua, Bali, Selasa (20/8).

Iman lantas menjelaskan Muhaimin merupakan cicit asli dari pendiri organisasi keagamaan Nahdlatul Ulama (NU) yakni Kiai Bisri Syansuri. Menurutnya, sebutan 'gus' patut disematkan kepada Muhaimin sebagai nama panggilannya.

"Putra kiai, dalam tradisi NU kan sebenarnya dihormati. Tapi mungkin juga karena banyak orang yang ga tau kalau Cak Imin ini cucu buyut pendiri NU. Banyak orang PKB bukan anak kiai tapi disebut gus," jelas Iman.
Sementara, lanjut Iman, muktamar digelar di Bali karena Bali menggambarkan sebagai wilayah yang maju dan modern. Serta melambangkan keberagaman.

"Kenapa di Bali? karena provinsi yang maju dan modern sekaligus menggambarkan keberagaman," ujarnya.

Hijaukan Bali

Selain baliho, tampak atribut bendera PKB semarak terpasang di sepanjang jalan dari Bandara Ngurah Rai menuju ke kawasan Nusa Dua, tempat Muktamar akan digelar. Jika dikalkulasikan, kemungkinan ada ribuan bendera yang identik berwarna hijau dengan latar belakang merah putih itu ikut "mengiringi" perjalanan CNNIndonesia.com sejak dari bandara menuju Nusa Dua.

Masuk area hotel tempat Muktamar diadakan, atribut partai yang menempati urutan 4 dalam Pemilu 2019 ini semakin banyak. Penjagaan di dalam area hotel pun terlihat sangat ketat. Tim gabungan TNI-Polri sudah terlihat melakukan patroli di sepanjang jalan.

Muktamar PKB akan digelar di Bali mulai Selasa (20/8) hingga Kamis (22/8) dan dihadiri sekitar 3000 peserta yang berasal dari 510 dewan pimpinan cabang dan 34 dewan pimpinan wilayah. Agenda utama Muktamar ke-V PKB adalah memilih ketua umum dan konsolidasi partai untuk mengawal pemerintahan Jokowi-Ma'ruf selama lima tahun kedelan.
[Gambas:Video CNN] (rzr/ain)