Okupasi Jalan, PKL 'Car Free Day' Akan Dievaluasi

CNN Indonesia | Minggu, 25/08/2019 16:39 WIB
Okupasi Jalan, PKL 'Car Free Day' Akan Dievaluasi Pedagang kaki lima saat car free day bakal dievaluasi Dinas UMKM Pemprov DKI Jakarta karena makin banyak yang berjualan di badan jalan(CNN Indonesia/Daniela Dinda)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bakal mengevaluasi para pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di kawasan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau car free day (CFD). Evaluasi dilakukan lantaran semakin banyak pedagang yang berjualan hingga ke badan jalan.

Dinas Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pemprov DKI Jakarta mengatakan sudah ada keluhan dari warga terkait hal itu. Pedagang yang semakin banyak menggunakan badan jalan membuat warga yang menikmati car free day menjadi terganggu.

"Kita evaluasi keberadaan mereka. Karena ini kita lihat mereka makin ke dalam makin ke dalam. Itu keluhan pengguna CFD mereka ke tengah. Tapi beberapa saat mereka bisa pinggir ke belakang," kata Kepala Dinas UMKM DKI Jakarta Ari Ariantara di Bundaran HI, Minggu (25/8).


Setidaknya ada tiga opsi yang akan dikaji terkait penempatan pedagang saat CFD. Ada opsi pedagang diperbolehkan di badan jalan. Kemudian, hanya diperbolehkan di trotoar serta ditempatkan di lokasi khusus pedagang.

"Ke depan kita evaluasi apakah efektif kalau pedagang ada di badan jalan atau trotoar ada di car free day atau masuk kantong-kantong. Itu alternatifnya," jelas dia.

Ari mengatakan pihaknya juga akan mengevaluasi soal sampah yang ada saat car free day. Meski belum ada keluhan dari masyarakat, Dinas UMK Pemprov DKI Jakarta tetap akan melakukan itu.

Ari mengatakan pihaknya mengetahui masih ada pedagang yang suka meninggalkan sampah usai berjualan. Oleh karena itu, evaluasi akan dilakukan.

"Perilaku teman-teman setelah berdagang, mereka masih meninggalkan sampah," ucap Ari.

Dinas UMKM Pemprov DKI Jakarta, lanjutnya, mengimbau kepada para pedagang agar membawa tempat sampah sendiri. Dia berharap para pedagang juga membawa sapu untuk membereskan dan membersihkan lokasi usai berjualan.

"Sederhana saja mereka juga membersihkan tempat sebagaimana semula sebagaimana semula. Jadi tidak ada kotor lagi," tutup dia.

Car free day di Jakarta berlaku di Jalan Jenderal Soedirman-M.H. Thamrin-Medan Merdeka Barat. Selama ini, pedagang hanya boleh berjualan di atas trotoar.

Mereka tidak diperkenankan menjajakan dagangannya di badan jalan. Pemprov DKI Jakarta melarang itu karena dapat mengganggu warga yang berolahraga di jalur car free day.
[Gambas:Video CNN]
(ctr/wis)