Sri Mulyani Kenang Minum Teh Bareng Habibie di AS

CNN Indonesia | Rabu, 11/09/2019 23:29 WIB
Sri Mulyani Kenang Minum Teh Bareng Habibie di AS Menteri Keuangan Sri Mulyani (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Menteri Keuangan Sri Mulyani mengenang saat-saat menghabiskan waktu bersama Presiden RI ketiga BJ Habibie di Washington DC, Amerika Serikat.

Sri Mulyani mengatakan saat itu Habibie banyak bercerita pengalaman usai ditinggal oleh istrinya, Hasri Ainun Habibie.

"Waktu beliau di Washington, waktu saya di sana, beliau sempat bersama dan kita dalam suasana makan sore atau minum teh sebelum beliau bicara untuk menjelaskan mengenai bukunya, mengenai Ibu Ainun," kata Sri Mulyani usai melayat ke rumah duka Habibie di Patra Kuningan, Jakarta, Rabu (11/9).


Dalam momen itu, kata Sri Mulyani, terlihat sosok Habibie sebagai manusia biasa, sebagai seorang suami yang mencintai istrinya.

Meski begitu, Sri Mulyani juga mengenang Habibie yang sudah sukses sebagai ilmuwan profesional. Namun memutuskan untuk kembali ke Indonesia untuk mengabdi.

Sri Mulyani juga mengenang Habibie sebagai panutan bangsa. Ia mengenang Habibie sebagai ilmuwan hebat dan negarawan yang mengabdi pada negara.

"Beliaulah yang meletakkan banyak sekali, pada masa-masa yang sangat singkat, namun sangat menentukan arah republik ini," ujar dia.

BJ Habibie meninggal hari ini, Rabu (11/9) di RSPAS Gatot Soebroto, Jakarta. Ia telah menjalani perawatan selama beberapa waktu belakangan. Habibie disebut mengalami degenerasi organ tubuh, termasuk organ jantung. (dhf/eks)