Kenangan Ahok dan Anies Tentang BJ Habibie

CNN Indonesia | Kamis, 12/09/2019 10:03 WIB
Kenangan Ahok dan Anies Tentang BJ Habibie Presiden ketiga RI BJ Habibie telah wafat pada Rabu, 11 September 2019. (Detikcom/Hasan Alhabshy)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok bertakziah ke rumah duka Presiden ketiga RI BJ Habibie di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan pada Kamis (12/9).

Ahok yang berbusana serba hitam mengaku terpukul saat mendengar kabar BJ Habibie telah berpulang ke pangkuan Yang Maha Kuasa kemarin.

"Sedih, karena saya berharap sebetulnya Pak Habibie bisa diberi umur lebih panjang. Tentunya bisa bersama sama dengan kita, tapi kita harus terima ya udah semua hidup tuhan tentukan," ujar Ahok.


Ahok lalu mengaku terkenang Habibie melalui berbagai karya monumental yang sudah diberikan Habibie kepada bangsa Indonesia. Ia pun mengenang masa di mana dirinya pernah ikut menonton film Habibie dan Ainun bersama mantan Menristek era Orde Baru tersebut.

"Kita beberapa kali datang bahkan nonton bareng beliau filmnya," kata Ahok.

Sementara itu secara terpisah di lokasi yang sama, Anies menegaskan Habibie adalah tokoh bangsa berkontribusi besar dalam membuka keran proses demokratisasi di Indonesia.

Habibie, kata dia, punya jasa besar dalam membuka proses transisi dari rezim otoriter Orde Baru menuju era reformasi pada 1998-1999 silam.

"Kita semua berduka atas pulangnya Pak Habibie. Pak Habibie dikenal bukan saja sebagai yang membuka keran kebebasan demokrasi dan menjadi tonggak baru bagi media yang terbuka, tapi juga beliau dikenal karena jasanya memikirkan bangsa," kata Anies.


Ahok dan Anies Bertakziah ke Rumah Duka HabibieDua mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (kiri), Djarot Saiful Hidayat (tengah) dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) bersua saat pelantikan anggota DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024. (CNN Indonesia/LB Ciputri Hutabarat)
Anies juga mengenang Habibie sebagai sosok yang dermawan. Ia bercerita banyak anak-anak Indonesia bisa bersekolah di perguruan tinggi, baik di dalam dan luar negeri berkat beasiswa yang diberikan Habibie.

"Ribuan anak-anak Indonesia bisa sekolah lewat beasiswa yang dibuat olehnya. Begitu banyak anak-anak yang dikirim ke universitas terkemuka untuk belajar teknologi. Bahkan, jutaan rumah tangga setiap hari mengingatkan anak-anaknya belajarlah yang rajin biar seperti pak Habibie," tambahnya.

"Amal jariyahnya lewat ilmu, lewat begitu banyak kegiatan yang dilakukan beliau semasa hidupnya, insyallah menjadi pengalir pahala tanpa henti untuk almarhum di alam berikutnya," sambung Anies.

Habibie rencananya akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, pada siang ini. Ia direncanakan dimakamkan di samping makam istrinya, Hasri Ainun. Ainun telah wafat lebih dulu pada 22 Mei 2010.


[Gambas:Video CNN]



(rzr/kid)