Jokowi dan PM Belanda Kompak Pakai Batik di Istana Bogor

CNN Indonesia | Senin, 07/10/2019 12:20 WIB
Jokowi dan PM Belanda Kompak Pakai Batik di Istana Bogor Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menyambut langsung kedatangan Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (7/10).

Pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, mobil yang membawa Rutte tiba sekitar pukul 11.00 WIB.

Jokowi yang mengenakan kemeja batik lengan panjang warna biru dongker menunggu tak jauh dari mobil yang membawa Rutte. Jokowi pun langsung menghampiri Rutte ketika turun dari mobil.


Rutte tampak mengenakan kemeja batik lengan panjang warna cokelat. Mereka berdua saling bersalaman dan terlihat sedikit berbincang.

Jokowi dan Rutte berjalan bersama ke pelataran Istana Bogor. Ia kemudian mengajak Rutte menyapa jajaran menteri Kabinet Kerja, yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, hingga Kepala BNPT Suhardi Alius.
Satu per satu, Rutte menyapa anak buah Jokowi itu. Ketika menyapa Retno, Rutte sampai mencium pipi kanan dan kiri sebanyak tiga kali.

Setelah itu, Jokowi mengajak Rutte masuk ke dalam Istana Bogor untuk menandatangani buku tamu dan foto bersama. Selanjutnya Jokowi membawa Rutte ke halaman belakang Istana Bogor.

Jokowi dan Rutte lantas menanam bersama Pohon Damar. Mereka berdua bergantian menempatkan tanah dalam lobang yang telah diisi Pohon Damar itu. Selepas itu, Rutte menyiramkan air ke pohon tersebut.
[Gambas:Video CNN]
Dalam percakapan mereka, Rutte berharap pohon tersebut bisa tumbuh besar. Ia juga memperhatikan pohon-pohon yang pernah ditanam para tamu pimpinan negara lain ketika berkunjung ke Indonesia.

Jokowi dan Rutte kemudian melakukan veranda talk. Setelah itu, mereka kedua dijadwalkan bakal melakukan pertemuan bilateral.

Dalam lawatan kali ini, Rutte turut didampingi Penasehat Utama Bidang Luar Negeri dan Pertahanan serta Koordinator Nasional untuk Keamanan dan Penanggulangan Terorisme Belanda.
(fra/ugo)