LIVE REPORT

LIVE: Pelantikan Presiden Jokowi

Ikuti live report pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih hasil Pemilu 2019 Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Gedung DPR/MPR, Minggu (20/10).

Presiden-Wakil Presiden terpilih hasil Pilpres 2019 yaitu Joko Widodo-Ma'ruf Amin akan dilantik di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu (20/10) siang ini.

Ikuti live report dari CNNIndonesia.com situasi terkini pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019 Jokowi-Ma'ruf. 

  • 20 Oct 18:55

    Sampai Jumpa Lagi!

    Demikian live report CNNIndonesia.com tentang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Ma'ruf Amin. Sampai jumpa lagi!
  • 20 Oct 18:27

    Usai Dilantik, Jokowi Akan Menemui Relawan

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan akan bertemu para relawan pada malam ini, Minggu (20/10). Ini akan menjadi pertemuan perdana setelah Jokowi resmi dilantik kembali menjadi Presiden Indonesia. 
    Hal ini diungkapkannya begitu tiba di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, usai menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih di Gedung DPR/MPR pada sore tadi. 

    Joko Widodo akan menemui relawan malam ini. (Joko Widodo akan menemui relawan malam ini. (Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
    Ia mengatakan pertemuan dengan relawan kemungkinan akan dilangsungkan selepas pukul 21.00 WIB nanti. Sebab, ia masih harus menerima sejumlah tamu negara di Istana Merdeka mulai pukul 19.00 WIB. 
    "Malam hari ini saya menerima beberapa wakil presiden, mungkin nanti sampai jam 21.00. Nanti ada pertemuan dengan relawan dan ada pertemuan dengan yang lain," ucap Jokowi kepada awak media.
    Kendati demikian, ia enggan merinci di mana pertemuan itu akan dilangsungkan. Ia juga tak bersedia mengungkap pertemuan lain yang sudah direncanakannya, apakah dengan perwakilan partai politik atau tidak.
  • 20 Oct 18:19

    Misteri Ketidakhadiran Menantu dan Cucu Jokowi di Pelantikan Terjawab

    Anak kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu angkat suara soal ketidakhadiran menantu Jokowi Selvi Ananda dan sang cucu Jan Ethes prosesi pelantikan presiden dan wakil presiden di Kompleks MPR-DPR pada hari ini, Minggu (20/10).
    Kahiyang menerangkan saat ini Jan Ethes berada di Solo, Jawa Tengah bersama ibunya, Selvi Ananda yang kini tengah hamil tua.

    LIVE: Pelantikan Presiden JokowiSelvi Ananda tengah hamil tua di Solo. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
    "Kan ibunya hamil besar, ga bisa [datang]. Iya [Jan Ethes] di Solo," kata Kahiyang di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10).
    Sebelumnya, Netizen kecewa karena cucu Presiden Joko Widodo, Jan Ethes tak nampak saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Gedung DPR. 
    Beberapa netizen sudah sengaja menonton streaming pelantikan untuk menyaksikan putera dari Gibran Rakabuming Raka dan Selvi tersebut.
    Selain soal Jan Ethes, Kahiyang turut berharap agar Jokowi-Ma'ruf mempu membawa Indonesia ke arah yang lebih baik lima tahun kedepan.
    Tak hanya Kahiyang, anak sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka mengaku bangga ayahnya kembali dilantik sebagai presiden untuk kedua kalinya. 
    Ia berharap agar Jokoei mampu membawa Indonesia kearah yang lebih baik lima tahun kedepan.
    "Senang dan bangga. Semoga lebih baik," kata Gibran di Kompleks MPR/DPR, Jakarta.
  • 20 Oct 18:10

    Eggi Sudjana Kembali Ditangkap Polisi di Hari Pelantikan Jokowi

    Tepat di hari pelantikan Presiden RI, Jokowi, Polisi kembali menangkap Eggi Sudjana setelah penahanannya sempat ditangguhkan beberapa waktu lalu.

    Kabar penangkapan Eggi tersebut dibenarkan Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Asep Adi Saputra.

    "Untuk Eggi Sudjana, kami hanya bisa mengatakan benar dan sekarang sedang dilakukan pemeriksaan," kata Asep saat dikonfirmasi, Minggu (20/10).

    Asep belum menjelaskan secara detail ihwal penangkapan tersebut. Termasuk kasus apa yang menjerat Eggi sehingga mesti kembali berususan lagi dengan kepolisian.

    Eggi Sudjana kembali ditangkap polisi. (Eggi Sudjana kembali ditangkap polisi. (CNN Indonesia/Andry Novelino)

    Asep hanya mengungkapkan bahwa saat penangkapan, kepolisian juga melakukan penggeledahan di rumah Eggi. Penangkapan dan penggeledahan itu diketahui dilakukan oleh pihak Polda Metro Jaya.

    Dalam penggeledahan itu, kata Asep, handphone milik Eggi turut diamankan.

    "(Handphone) diamankan dan dibawa, saat ini pak Eggi Sudjana dibawa dan diperiksa di Polda Metro," ucap Asep.
  • 20 Oct 17:49

    PA 212 yang Mengklaim Tak Sudi Tonton Pelantikan Jokowi

    Persaudaraan Alumni 212 mengklaim anggotanya tidak ada yang menonton siaran langsung pelantikan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden 2019-2024.

    Ketua Media Center PA 212 Novel Bamukmin menyampaikan pihaknya masih tidak terima Jokowi-Ma'ruf memenangkan Pilpres 2019.
    Novel Bamukmin mengaku tak sudi menonton pelantikan Jokowi. (Novel Bamukmin mengaku tak sudi menonton pelantikan Jokowi. (CNN Indonesia/ Patricia Diah Ayu)
    "Alhamdulillah buat saya pribadi dan keluarga sudah tidak setel televisi sebagaimana 212 yang lain juga tidak menonton. Sudah tekad kami untuk tidak menonton pelantikan presidennya para penguasa, pejabat, serta para taipan," kata Novel kepada CNNIndonesia.com, Minggu (20/10).
  • 20 Oct 17:36

    Usai Hadiri Pelantikan, Wiranto Kembali ke RSPAD

    Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto kembali ke Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto setelah sebelumnya sempat keluar sekitar 3,5 jam, Minggu (20/10).

    Belum diketahui tujuan kemana Wiranto selama sekitar 3,5 jam meninggalkan RSPAD, apakah menghadiri pelantikan pasangan Presiden terpilih Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Gedung MPR RI, ke Istana, Kantor Kemenkopolhukam, atau ada tujuan lainnya.

    Wiranto (tengah) kembali ke RSPAD usai menghadiri pelantikan Presiden RI Jokowi. (Wiranto (tengah) kembali ke RSPAD usai menghadiri pelantikan Presiden RI Jokowi. (Foto: ANTARA FOTO/Humas Kememko Polhukam)

    Dilansir dari Antara, Wiranto awalnya keluar rumah sakit melalui pintu VVIP RSPAD dan naik ke kendaraan Toyota Alphard hitam dengan nomor polisi B-2538 RFS pada pukul 13.15 WIB. Petang harinya, ia terlihat kembali dengan kendaraan yang sama.

    Baca berita selengkapnya di tautan berikut ini.
  • 20 Oct 17:26

    Jokowi Jadi Rebutan Para Anggota Dewan untuk Selfie

    Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amim resmi menjabat sebagai presiden dan wakil presiden usai dilantik Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada Minggu (20/10). Mereka akan menjadi pimpinan pemerintahan Indonesia periode 2019-2024.

    Prosesi pelantikan itu membuat anggota MPR mengekspresikan kegembiraannya dengan meminta selfie bersama Joko Widodo.

    LIVE: Pelantikan Presiden JokowiPresiden RI Jokowi jelang pidato usai pelantikan. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
    Hal itu terjadi ketika Jokowi ingin berjalan keluar Sidang Paripurna MPR RI. Melihat kondisi itu, para anggota MPR langsung mengerubungi Jokowi untuk meminta foto bersama.

    Tentu saja, hal itu sempat membuat langkah Jokowi yang hendak meninggalkan ruangan sidang paripurna menjadi tersendat-sendat.

    Melihat hal itu, anggota pasukan pengamanan presiden (Paspampres) harus meminta para anggota dewan untuk membuka jalan bagi Jokowi. Akhirnya Jokowi dapat berjalan secara perlahan-lahan sambil meladeni satu per satu para anggota MPR yang meminta foto selfie.

    Salah satu yang terpantau mengajak Jokowi selfie adalah anggota MPR Fraksi PDIP Arteria Dahlan.
  • 20 Oct 17:18

    Pesta Relawan Usai Jokowi Dilantik Jadi Presiden RI

    Para relawan terlihat bersorak-sorai gembira usai Joko Widodo-Ma’ruf Amin resmi dilantik menjadi presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat.
    Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, mereka berkumpul di depan Istana Negara, tepatnya di Taman Pandang dan sepanjang jalan Medan Merdeka Barat tampak terus meneriakan nama Jokowi.
    Mereka bersorak-sorai gembira sambil terus menyaksikan siaran langsung pelantikan presiden dan wapres yang diputar di dua buah layar besar yang disediakan di lokasi.

    Jokowi usai menandatangani berita acara pelantikan Presiden RI periode 2019-2024. (Jokowi usai menandatangani berita acara pelantikan Presiden RI periode 2019-2024. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
    Usai Jokowi mengucap janji dilantik, ribuan relawan juga tampak bernyanyi sambil dipandu oleh pembawa acara dari atas panggung.
    “Jokowi siapa yang punya, Jokowi siapa yang punya, Jokowi siapa yang punya,” nyanyi relawan.
    “Yang punya kita semua,” lanjut lirik yang dinyanyikan para relawan.
    Tak hanya bernyanyi, relawan berteriak ‘Jokowi adalah kita’. Dalam kesempatan itu, relawan terlihat juga mengibarkan bendera kecil yang diberikan oleh panitia acara di lokasi acara.
  • 20 Oct 16:49

    Presiden dan Wakil Presiden Mendapatkan Ucapan Selamat

    Rombongan Presiden dan Wakil Presiden RI Jokowi-Ma'ruf Amin mendapatkan ucapan selamat dari para tamu dari negara-negara sahabat. Sebelumnya, mereka sempat berfoto bersama para pimpinan lembaga negara.

    Pengambilan sumpah Presiden RI Jokowi. (Pengambilan sumpah Presiden RI Jokowi. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
  • 20 Oct 16:47

    Lagu Kebangsaan Indonesia Raya Menutup Acara

    Para undangan yang hadir menyanyikan Lagu Indonesia Raya sebagai tanda penutupan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Jokowi-Ma'ruf Amin.
  • 20 Oct 16:44

    Doa Usai, Acara Pelantikan Berakhir Ditutup Rentetan Pantun Bamsoet

    Pembacaan doa yang dilakukan Nazaruddin Umar usai dipanjatkan, begitu pula acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI telah selesai. Acara ditutup oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo.
  • 20 Oct 16:41

    Nomenklatur Kementerian Kabinet Baru Bisa Diumumkan Sore Ini

    Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin mengatakan kemungkinan presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Ma'ruf Amin akan mengumumkan nomenklatur kabinet di pemerintahan mendatang pada Minggu (20/10).

    Ali Mochtar Ngabalin menyampaikan nomenklatur kementerian kabinet baru akan diumumkan sore ini. (Ali Mochtar Ngabalin menyampaikan nomenklatur kementerian kabinet baru akan diumumkan sore ini. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
    Menurutnya, kemungkinan pengumuman nomenklatur kementerian di kabinet mendatang dilakukan selepas waktu ibadah salat maghrib.

    "Mudah-mudahan lepas maghrib kita bisa dengar nomenklatur yang sudah Presiden susun," kata Ngabalin kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

    Baca selengkapnya di tautan berikut ini.
  • 20 Oct 16:36

    Pembacaan Doa oleh Imam Masjid Istiqlal Nazaruddin Umar

    Pidati Presiden Jokowi usai. Dilanjutkan dengan, pembacaan doa dilakukan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Nazaruddin Umar. 

  • 20 Oct 16:28

    5 Poin Utama yang Akan Dikerjakan Pemerintahan Jokowi

    Jokowi menyampaikan lima poin utama yang akan dikerjakan dalam pemerintahan.
    1. Pembangunan SDM akan menjadi prioritas utama.
    2. Pembangunan infrastruktur akan dilanjutkan.
    3. Segala bentuk kendala regulasi harus disederhanakan, harus dipotong, harus dipangkas. 
    4. Penyederhanaan birokrasi harus terus dilakukan besar-besaran. Salah satunya 'Eselonisasi' yakni memangkas lima tingkatan eselon menjadi dua eselon saja.
    5. Transformasi ekonomi. Harus bertransformasi  dari ketergantungan pada sumber daya alam menjadi daya saing manufaktur dan jasa modern yang mempunyai nilai tambah tinggi bagi kemakmuran bangsa demi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

    LIVE: Pelantikan Presiden JokowiJoko Widodo saat pelantikan Presiden RI. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)


  • 20 Oct 16:21

    Jokowi Samakan Birokrasi dengan Whatsapp

    Presiden Jokowi menyamakan kerja birokrasi dengan alur komunikasi Whatsapp:

    Sekali lagi, yang utama itu bukan prosesnya, yang utama itu hasilnya. Cara mengeceknya itu mudah. Lihat saja ketika kita mengirim pesan melalui SMS
    atau WA. Ada sent, artinya telah terkirim. Ada delivered, artinya telah diterima. Tugas kita itu menjamin delivered, bukan hanya menjamin sent. Saya tidak mau birokrasi pekerjaannya hanya sending-sending saja.

    Saya minta dan akan saya paksa bahwa tugas birokrasi adalah making delivered. Tugas birokrasi itu menjamin agar manfaat program dirasakan oleh masyarakat.

    Pidato Kepresidenan Jokowi di ruang Sidang Paripurna MPR DPR. (Pidato Kepresidenan Jokowi di ruang Sidang Paripurna MPR DPR. (Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
  • 20 Oct 16:18

    Disebut Jokowi Sebagai Sahabat Baik, Prabowo Berdiri Beri Hormat

    Jokowi dalam awal pidatonya menyebut Prabowo Subianto sebagai sahabat baiknya. Prabowo pun langsung berdiri dari kursinya dan memberikan salam hormat kepada Presiden RI tersebut.
    Prabowo Subianto hadir di Pelantikan Presiden RI. (Prabowo Subianto hadir di Pelantikan Presiden RI. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
  • 20 Oct 16:11

    Pidato Awal Presiden Jokowi

    Presiden RI Jokowi mulai menyampaikan pidato usai dilantik.
    Jokowi ketika datang ke Gedung MPR DPR. (Jokowi ketika datang ke Gedung MPR DPR. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
  • 20 Oct 16:02

    Pimpinan MPR DPR dan Presiden serta Wakil Presiden ke Tempat Semula

    Para pimpinan MPR DPR dan Presiden RI Jokowi serta Wakil Presiden Ma'ruf Amin kembali ke tempat semula usai pelantikan dan penandatanganan.

  • 20 Oct 15:59

    Penandatanganan Berita Acara Pelantikan, Jokowi Resmi Presiden 2019-2024

    Presiden RI dan Wakil Presiden RI, Jokowi-Ma'ruf Amin menandatangani berita acara pelantikan. Dengan demikian, Jokowi-Ma'ruf Amin resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI masa jabatan 2019-2024.
  • 20 Oct 15:57

    Pengucapan Sumpah Presiden dan Wakil Presiden RI

    Berlangsung pengucapan sumpah Presiden RI Jokowi dan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin sembari dinaungi kitab suci Alquran.
  • 20 Oct 15:50

    Meme Teks Pidato Bamsoet yang Dinilai Terlalu Lama

    Berikut meme-meme lucu dari para netizen Indonesia atas pidato Bamsoet yang dinilai sangat lama.

    Ekspresi ketika mendengar pidato Bamsoet

  • 20 Oct 15:42

    Relawan Jokowi Mulai Memadati Taman Pandang Monas

    Satu per satu rombongan relawan Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) memenuhi kawasan Monumen Nasional, Jakarta, Minggu (20/10) petang. Kehadiran mereka diketahui untuk memeriahkan inagurasi pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2019-2024.

    Relawan Jokowi mulai memadati kawasan Monumen Nasional. (Relawan Jokowi mulai memadati kawasan Monumen Nasional. (CNN Indonesia/Joko Panji Sasongko)
    Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, ribuan relawan dari berbagi elemen terlihat berada di kawasan Taman Pandang yang berada persis di seberang kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. Mereka terlihat mengenakan baju berwarna merah dan putih disertai sablon wajah Jokowi-Ma'ruf yang telah disiapkan panitia acara.

    Tampak beberapa bendera merah putih berukuran kecil juga dipegang sebagian besar relawan yang hadir di lokasi itu. Beberapa rombongan relawan juga terlihat mengenakan pakaian adat dari sejumlah daerah.

    Terlihat pula dua layar besar yang ditempatkan di sisi kanan dan kiri panggung hiburan. Dua layar itu terlihat memutar siaran langsung pelantikan Jokowi-Ma'ruf di Gedung MPR, Jakarta.
  • 20 Oct 15:37

    Salah Absen Soal Tamu Negara-negara Sahabat yang Hadir

    Sempat terjadi kesalahan mengabsen ketika Bamsoet memanggil utusan dari Filipina, yang berdiri justru dari utusan negara kawasan Timur Tengah.
  • 20 Oct 15:32

    Bamsoet: Tak Jadi Presiden, Prabowo Masih Bisa Berkuda dan Lapang Dada

    Bambang Soesatyo sempat membuat pantung penghibur untuk Prabowo Subianto yang hadir di acara Pelantikan Presiden RI Jokowi. Intinya, dia mengatakan meski Prabowo tak jadi Presiden, dia masih bisa berkuda dan lapang dada.

    Pantun hiburan itu pun disambut dengan tepuk tangan dari Prabowo serta para undangan yang hadir di ruang Sidang Paripuran MPR DPR RI.
  • 20 Oct 15:26

    Pidato Ketua MPR Terharu SBY dan Megawati Hadir Berdampingan

    Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan pidato jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Jokowi-Ma'ruf Amin.

    Bamsoet terharu dengan kehadiran Susilo Bambang Yudhoyono berdampingan dengan Megawati Sukarnoputri di acara pelantikan.
    Bambang Soesatyo Ketua MPR RI. (Bambang Soesatyo Ketua MPR RI. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
  • 20 Oct 15:21

    Menyanyikan Lagi Indonesia Raya, Jokowi dan Ma'ruf Amin di Posisinya

    Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Jokowi dan Ma'ruf Amin sudah mengisi posisi masing-masing.
  • 20 Oct 15:12

    BIN: Pengamanan Ketat Pelantikan Presiden Jokowi Masih Wajar

    Pengerahan kekuatan aparat keamanan dan pengamanan ekstra ketat jelang pelantikan presiden dan wakil presiden, Minggu (20/10) dinilai masih wajar.

    Pengerahan aparat keamanan ini sebelumnya dikritik Amnesty International karena dianggap berlebihan karena berbeda dengan atmosfer pelantikan Presiden Joko Widodo pada tahun 2014 lalu.
    Pengamanan rombongan Presiden Jokowi. (Pengamanan rombongan Presiden Jokowi. (CNN Indonesia/ Safir Makki)
    Juru bicara Badan Intelijen Negara (BIN) Wawan Hari Purwanto mengatakan pengamanan jelang pelantikan ini telah dilakukan sesuai prosedur standar pengamanan. Hanya saja memang ada penebalan pengamanan di beberapa titik.

    "Jadi karena ini perhelatan besar bersama seluruh wakil rakyat maka perlu pengamanan yang cukup, bukan berlebihan, sebab pengamanan juga harus merata di wilayah lain di seluruh Indonesia," ucapnya.

    Baca selangkapknya di tautan ini.
  • 20 Oct 15:07

    SBY dan Megawati Hadir di Ruang Sidang Paripurna

    Presiden kelima Megawati Sukarnoputri dan Presiden keenam Susilo Bambany Yudhoyono (SBY) memasuki ruang Sidang Paripuran DPR MPR RI.

    SBY saat diterima Jokowi. (SBY saat diterima Jokowi. (Foto: CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
  • 20 Oct 15:04

    MC Menyebut Para Tamu dari Negara-negara Sahabat

    Master Ceremony (MC) baru saja menyebut para tamu dari negara-negara sahabat yang hadir pada pelantikan Presiden Jokowi.
    PM Malaysia Mahathir Mohamad ikut hadir dalam acara pelantikan Presiden Jokowi. (PM Malaysia Mahathir Mohamad ikut hadir dalam acara pelantikan Presiden Jokowi. (AFP PHOTO / POOL / HOW HWEE YOUNG)
  • 20 Oct 14:55

    Harapan Pedagang Kaki Lima di Pelantikan Jokowi

    Sejumlah pedagang kaki lima mengutarakan harapannya terhadap pemerintahan Joko Widodo periode kedua. Pelantikan Jokowi dan Ma'ruf Amin akan digelar beberapa saat lagi di gedung DPR/MPR, Jakarta, Minggu (20/10).

    Sukidi yang membuka lapak mi ayam di sekitar flyover Ladokgi mengetahui hari ini akan dilaksanakan pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin. Namun dia juga mengaku tidak terlalu peduli dengan dinamika politik yang ada.

    Meski demikian Sukidi tetap menyimpan harapan. Sederhana saja. Sukidi ingin tetap bisa berjualan di jalan tanpa ketakutan akan dilarang atau digusur.

    "Saya mah harapannya yang penting masih diizinkan untuk berjualan saja. Enggak mau mikir tentang politiknya," kata Sukidi saat ditemui di bawah fly over Ladokgi.

    Baca selengkapnya di link berikut ini.
  • 20 Oct 14:47

    Jokowi-Ma'ruf Memasuki Ruang Sidang Paripurna

    Jokowi dan Ma'ruf Amin memasuki Ruang Sidang Paripurna MPR DPR. Ma'ruf di luar dari ciri khas pakaiannya yang biasa mengenakan kain sarung. Dia mengenakan celana panjang dan setelan atas menggunakan jas.

    Ma'ruf Amin yang mengenakan celana panjang dan jas. (Ma'ruf Amin yang mengenakan celana panjang dan jas. (Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
  • 20 Oct 14:42

    Jokowi Sebut Kabinet Lebih Banyak Diisi Wajah Baru

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan jajaran menteri di pemerintahan kabinet mendatang akan lebih banyak diisi oleh wajah-wajah baru ketimbang mereka yang sebelumnya sudah membantunya di Kabinet Kerja.
    "Ada (yang lama), masih banyak, tapi yang baru lebih banyak," ucap Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (20/10). 
    Kendati begitu, presiden pertahana itu belum ingin merinci siapa saja wajah-wajah baru yang akan didapuk menjadi pembantunya selama lima tahun ke depan. Begitu pula dengan para menteri lama yang kembali diberi kepercayaan. 
  • 20 Oct 14:34

    Keceriaan Keluarga Jokowi

    Tampak keceriaan keluarga Jokowi Ibu Negara Iriana Jokowi, putranya Gibran Rakabuming Raka, Kaesang Pangarep, putrinya Kahiyang Ayu, menantunya Bobby Nasution, dan cucunya Sedah Mirah beberapa saat jelang pelantikan.
    Jokowi dan keluarga saat bersiap berangkat dari Istana Merdeka menuju Gedung MPR DPR. (Jokowi dan keluarga saat bersiap berangkat dari Istana Merdeka menuju Gedung MPR DPR. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
  • 20 Oct 14:29

    Rombongan Presiden dan Wakil Presiden Tiba di Lokasi

    Rombingan Presiden dan Wakil Presiden RI Jokowi-Ma'ruf telah tiba di lokasi, Gedung MPR DPR RI. Di dalam ruang Sidang Paripurna, para undangan sudah hadir menunggu Jokowi-Ma'ruf masuk ke dalam ruang sidang.
  • 20 Oct 14:21

    Doa Tolak Bala Ma'ruf Amin Sebelum Pelantikan

    Ma'ruf Amin sempat memanjatkan doa sebelum bertolak dari kediamannya ke Gedung MPR DPR untuk menjalani pelantikan. Berikut doa tolak bala yang dia panjatkan:

    Ya Allah, hindarkanlah dari kami kekurangan pangan, cobaan hidup penyakit-penyakit wabah, perbuatan-perbuatan keji dan munkar, ancaman-ancaman yang beraneka ragam paceklik-paceklik dan segala ujian, yang lahir maupun batin dari negeri kami ini pada khususnya dan dari seluruh negeri kaum muslimin pada umumnya, karena sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.

    Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin memberi salam usai pelantikan anggota DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selasa (1/10/2019)Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin memberi salam usai pelantikan anggota DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selasa (1/10). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
  • 20 Oct 14:15

    Jokowi Pastikan Pengumuman Kabinet Besok Pagi

    Presiden terpilih RI periode 2019-2024 Jokowi memastikan bahwa dia akan mengumumkan Kabinetnya pada Senin (21/10) pagi. 

    Jokowi umumkan Kabinetnya besok pagi. (Jokowi umumkan Kabinetnya besok pagi. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
  • 20 Oct 14:12

    Jokowi dan Ma'ruf Amin Sudah Tiba di Gedung DPR-MPR

    Jokowi-Ma'ruf Amin sudah tiba di Gedung MPR-DPR untuk menjalani pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024.
  • 20 Oct 14:07

    Jokowi Bersama Keluarga Menuju Gedung MPR-DPR

    Jokowi bersama keluarga yakni sang istri, Iriana Jokowi, tiga anak dan dua menantu serta dua cucu di Istana Merdeka menuju Gedung MPR-DPR untuk pelantikan Presiden RI periode 2019-2024.
    LIVE: Pelantikan Presiden JokowiJokowi saat menerima para kepala negara sahabat. (CNN Indonesia/ Feri Agus Setyawan)
  • 20 Oct 14:03

    Bendera Raksasa Merah-Putih Dibentangkan di Jalan Merdeka

    Bendera Merah Putih sepanjang 200 meter dibentangkan di sepanjang Jalan Medan Merdeka Selatan berseberangan dengan Lapangan Parkir Irti Monas. 
    Bendera ini rencananya akan dibawa dalam Pawai dan Syukuran atas pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Gedung DPR/MPR, hari ini, Rabu (20/10). 

    LIVE: Pelantikan Presiden JokowiBendera Merah Putih sepanjang 200 meter dibentangkan di Jalan Medan Merdeka. (CNN Indonesia/ Tiara Sutari)
    Bendera sepanjang 200 meter ini merupakan salah satu pemeberian Para Relawan untuk Jokowi-Ma’ruf Amin dan juga rasa syukur atas kemenangannya setelah bertarung dalam Pilpres 2019 lalu. 
    M Rosyidin (40) salah satu koordinator sekaligus pemegang bendera Merah Putih ini menyebut, bendera akan dibawa saat Jokowi telah resmi dilantik. Bendera akan dibawa memutari kawasan Medan Merdeka Selatan, Medan Merdeka Barat tepatnya di kawasan Patung Kuda Arjuna Wiwaha hingga ke Istana Negara.
  • 20 Oct 13:54

    Sempat Viral Sultan dan Pangeran Brunei Diterima Jokowi

    Beberapa jam sebelum pelantikan, Presiden Jokowi sempat menyambut sejumlah kepala negara seperti Perdana Menteri Austraila Scott Morrison dan istri serta Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah beserta putranya, Pangeran Abdul Mateen. Sang Pangeran sempat viral di media sosial lantaran para netizen Indonesia terpesona oleh daya tarik wajahnya.
    LIVE: Pelantikan Presiden JokowiSultan Brunei Darussalam dan sang pangeran diterima Jokowi di Istana Merdeka. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)
    Baca berita selengkapnya di link berikut ini.
  • 20 Oct 13:45

    Ma'ruf Amin Mulai Bergegas Menuju Gedung MPR-DPR

    Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin mulai bergegas dari kediamannya di kawasan Menteng menuju Gedung MPR-DPR untuk pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan.

  • 20 Oct 13:35

    Traktiran 32 Ribu Piring Nasi Goreng di Pelantikan Jokowi

    Para warga tak perlu membeli makan siang saat pelantikan Jokowi. Deretan gerobak nasi goreng sudah siap di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat pada Minggu (20/10). Total 32 ribu piring nasi goreng disajikan secara gratis.

    LIVE: Pelantikan Presiden JokowiDeretan gerobak nasi goreng berjajar di sepanjang Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. (CNN Indonesia/ Feybien ramayanti)
    Baca berita selengkapnya di link ini.
  • 20 Oct 13:27

    Wakil Presiden 2014-2019 Jusuf Kalla Tiba di Lokasi

    Wakil Presiden masa jabatan 2014-2019 Jusuf Kalla sudah tiba di lokasi, kompleks Gedung MPR-DPR RI untuk menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2019-2024, Jokowi-Ma'ruf Amin.
  • 20 Oct 13:22

    Jokowi Pilih Mercy Edisi Lama Menuju ke MPR-DPR

    Presiden Jokowi memillih menggunakan Mercy edisi lama Mercedes-Benz S600 Guard produksi 2008, warisan Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono.

    Mercy tersebut tetap dilengkapi standar pengamanan presiden seperti kaca dan bodi mobil antipeluru.

    Para warga Sumut saat berfoto bersama mobil kepresidenan. (Para warga Sumut saat berfoto bersama mobil kepresidenan. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
  • 20 Oct 13:15

    Prabowo dan Sandiaga Hadiri Pelantikan Jokowi di Gedung MPR-DPR

    Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto telah tiba di Kompleks MPR/DPR untuk menghadiri pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin, Minggu (20/10) siang ini. Prabowo menepati janjinya untuk hadir di acara pelantikan saat bertemu Jokowi di Istana Negata pada Jumat (11/10) lalu.
    Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, Prabowo tiba di Kompleks MPR/DPR sekitar pukul 12.40 WIB. 

    Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. (Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
    Prabowo hadir mengenakan jas berwarna hitam dan dasi berwarna merah dengan dipadu peci hitam. Ia mengenakan mobil Toyota Alphard putih miliknya saat tiba di kompleks parlemen.
  • 20 Oct 13:05

    Stasiun Palmerah dan Tanah Abang Ditutup Sementara

    Stasiun KRL Palmerah dekat dengan Gedung DPR-MPR untuk sementara ditutup demi pengamanan pelantikan Presiden-Wakil Presiden Jokowi-Ma'ruf.

    KRL tidak melayani penumpang di Stasiun Palmerah dan Stasiun Tanah Abang, hari ini. Dengan demikian, jalur Serpong-Tanah Abang hanya sampai Kebayoran-Lama.

    Stasiun Palmerah tidak melayani penumpang. (Stasiun Palmerah tidak melayani penumpang. (Foto: ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
    Baca berita selengkapnya di CNNIndonesia.com.

  • 20 Oct 12:54

    Senyum dan Canda Jokowi

    Beberapa saat sebelum pelantikan, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi terlihat santai. Dia tersenyum simpul dan melontarkan canda saatmenerima lima pimpinan negara sahabat, di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10) jelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

    Dari pantauan CNNIndonesia.com di lokasi, Jokowi mengenakan setelan jas berwarna biru dongker, sementara Iriana mengenakan kebaya berwarna krem.

    Jokowi saat menerima PM Australia di Istana Merdeka. (Jokowi saat menerima PM Australia di Istana Merdeka. (Foto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

    Baca berita selengkapnya di tautan artikel berikut ini.
  • 20 Oct 13:00

    Selamat Siang!

    Assalamualaikum Wa Rahmatullahi Wabarakatuh
    Salam Sejahtera
    Om Swastiastu
    Namo Buddhaya
    Gladi bersih pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia di Gedung DPR-MPR. Gladi bersih pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia di Gedung DPR-MPR. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
    Selamat siang para pembaca CNNIndonesia.com. Sesaat lagi akan berlangsung pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024, Jokowi-Ma'ruf. Selamat mengikuti live report dari CNNIndonesia.com.