Kabinet Jokowi, Puan Sebut Empat Kementerian Berubah

CNN Indonesia | Selasa, 22/10/2019 08:31 WIB
Kabinet Jokowi, Puan Sebut Empat Kementerian Berubah Ketua DPR Puan Maharani. (CNNIndonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua DPR Puan Maharani menyebut setidaknya ada empat nomenklatur kementerian yang akan berubah di bawah kepemimpinan presiden Joko Widodo di periode kedua ini.

Hal itu ia sampaikan usai para pimpinan DPR bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (20/10).

Salah satunya, Puan menyebut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) nantinya akan bernama Kementerian Pendidikan Kebudayaan dan Pendidikan Tinggi (Kemendikbuddikti).


"Contohnya seperti misalnya Kemendikbud itu Dikti-nya itu akan bersama dengan Dikti," kata Puan di Kompleks MPR/DPR, Jakarta.

Kedua, Puan menyatakan nantinya Jokowi akan membentuk Badan Riset dan Teknologi. Awalnya, Riset dan Teknologi dilebur dalam Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kementistekdikti) di periode pertama pemerintahan Jokowi.

Ketiga, Puan menjelaskan nantinya Kementerian Koordinator Bidang Maritim akan berubah menjadi Kemenko Maritim dan Investasi. 

Terakhir, Badan  Ekonomi Kreatif (Bekraf) akan dilebur Kementerian Pariwisata menjadi Kementerian Ekonomi Kreatif dan Pariwisata.

"Yang satunya itu Bekraf itu akan bergabung dengan [kementerian] Pariwisata," kata Puan.

Selain itu, Mantan Menko Pendayagunaan Manusia dan Kebudayaan itu memastikan tidak akan ada perubahan nomenklatur besar-besaran di masa jabatan kedua Jokowi. Jokowi, kata dia, tak akan ada kementerian yang dibubarkan.
[Gambas:Video CNN]
Puan itu berharap nantinya DPR bisa segera bekerja sama dengan para menteri yang akan menjabat di kementerian/lembaga secepatnya 

"Jadi harapannya adalah kerja sama antara DPR dengan pemerintah itu setelah nanti diumumkan dan dilantik menteri-menterinya bisa langsung bekerja sama," kata Puan.

Hal sedikit berbeda disampaikan oleh Mantan Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin. Menurutnya Kementerian Pemuda dan Olahraga akan berganti menjadi badan khusus yang menangani olahraga. 

Sementara Badan Ekonomi Kreatif akan menjadi Kementerian dengan nama Kementerian Digital dan Ekonomi Kreatif.

"Semacam Kementerian Digital dan Ekonomi Kreatif, itu perubahan dari Badan Ekonomi Kreatif," kata Ngabalin.

(rzr/sur)