Hasto Bantah PDIP Usulkan ST Burhanuddin Jadi Jaksa Agung

CNN Indonesia | Kamis, 24/10/2019 17:20 WIB
Hasto Bantah PDIP Usulkan ST Burhanuddin Jadi Jaksa Agung Sekretaris Jenderal Hasto Kristiyanto. (CNN Indonesia/ Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto membantah tudingan yang menyebut Jaksa Agung ST Burhanuddin diusulkan parpolnya kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Hasto menegaskan Burhanuddin merupakan pilihan dari Jokowi sendiri meski mantan Jaksa Agung Muda bidang Tata Usaha Negara itu adalah adik kandung dari politikus PDIP, TB Hasanuddin.

"Cukup ya, itu di-endorse oleh Pak Jokowi, karena Pak Jokowi yang memutuskan," kata Hasto di Kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (24/10).


Hasto malah menceritakan perjalanan partainya yang memiliki pengalaman sejarah menjadi korban penyalahgunaan kekuasaan saat di zaman Orde Baru lalu. Belajar dari pengalaman itu, Hasto menekankan PDIP berprinsip selalu berjuang agar hukum hanya untuk menegakkan keadilan, bukan untuk kepentingan pribadi atau kelompok.

"Kami menjadi bagian dari pejuang yang menggunakan hukum sebagai alat menegakkan keadilan," kata dia.

Selain itu, Hasto menyarankan agar publik menilai integritas seorang pejabat publik seperti jaksa agung dari kinerja dan keputusannya kelak.

Hasto Bantah PDIP Usulkan ST Burhanuddin Jadi Jaksa AgungJaksa Agung ST Burhanuddin. (CNN Indonesia/ Adhi Wicaksono)
Terpisah, ST Burhanuddin membantah dirinya diangkat sebagai Jaksa Agung oleh Jokowi karena terafiliasi dengan PDIP. Burhanuddin menyebut dirinya berasal dari kalangan profesional, bukan kader partai politik.

"Enggak ada (titipan PDIP), saya diambil profesional, sama sekali tidak," kata Burhanuddin di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis.

Burhanuddin menegaskan bukan anggota PDIP ataupun partai politik lainnya. Ia juga tak memiliki kartu anggota dari partai manapun. Sebelum jadi orang nomor satu di Korps Adhyaksa, Burhanuddin terakhir menjabat sebagai Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara lalu pensiun sejak 2014 lalu.

[Gambas:Video CNN]
Burhanuddin mengakui dirinya adalah adik dari politikus PDIP TB Hasanuddin. Namun posisi kakaknya di partai besutan Megawati Soekarnoputri itu tak terkait dengan pengangkatannya sebagai jaksa agung.

"Apakah misalnya kakak saya tokoh PDIP apakah saya tidak boleh? Jangan terus bapak saya tokoh PDIP kemudian hak keperdataan saya hilang," tuturnya.

(rzr/kid)