Hanura soal Wamen: Kami Partai Pengusung, Bukan Pendukung

CNN Indonesia | Sabtu, 26/10/2019 01:36 WIB
Hanura soal Wamen: Kami Partai Pengusung, Bukan Pendukung Wakil Ketua Umum Partai Hanura Gede Pasek Suardika. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Hanura Gede Pasek Suardika mengingatkan bahwa partainya menyandang status sebagai pengusung Joko Widodo (Jokowi) -Ma'ruf Amin di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Pernyataan itu disampaikan Pasek saat menyikapi terpilihnya kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Surya Tjandra dan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Angela Tanoesoedibjo untuk menduduki jabatan wakil menteri (wamen) di Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf.

"Kami hanya menyampaikan saja bahwa posisi Hanura walau tak lulus parliamentery threshold saat pendaftaran sampai pertandingan adalah partai pengusung yang tanda tangan Herry Lontung dan Oesman Sapta Odang," kata Pasek kepada CNNIndonesia.com pada Jumat (25/10).


Dia menyatakan kondisi Hanura yang tengah sibuk mengurus kondisi internalnya tak lantas dapat dibaca untuk ditinggalkan dalam pemilihan menteri.

"Realitas hari ini (Hanura) begitu lelah urus internal partai, tetapi bukan berarti harus dibaca Hanura ditinggalkan," katanya.


Terpisah, Ketua DPP Hanura Inas Nasrullah mengatakan komposisi kabinet yang telah terbentuk menandakan Jokowi menilai perkawanan hanya berdasarkan perolehan suara saja.

Padahal menurutnya, Hanura memiliki kontribusi dalam kemenangan Jokowi-Maruf pada Pemilu 2019 lalu. Partai Hanura ikut mengusung Jokowi saat pendaftaran peserta Pilpres.

"Jokowi hanya menghitung kawan berdasarkan kalkulator semata, yakni hanya memandang jumlah suara partai saja," katanya.

[Gambas:Video CNN]

Sebelumnya, Jokowi didampingi Ma'ruf melantik 12 tokoh yang akan menjadi wamen di sejumlah kementerian dalam Kabinet Indonesia Maju, Jakarta, Jumat (25/10) siang.

Dari 12 nama itu ada tokoh dari partai politik termasuk politikus PSI Surya Tjandra dan putri dari Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo, Angela Tanoesoedibjo. Perindo dan PSI diketahui sebagai salah satu parpol pendukung Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019.

(mts/kid)