Surya Paloh Terima Amanah Aklamasi Jadi Ketua NasDem Lagi

CNN Indonesia | Minggu, 10/11/2019 19:36 WIB
Surya Paloh Terima Amanah Aklamasi Jadi Ketua NasDem Lagi Ketua Umum NasDem Surya Paloh mengatakan kepercayaan yang diberikan kadernya mengalir karena menganggap dirinya masih 'fresh' untuk memimpin partai. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum NasDem Surya Paloh menyatakan menerima permintaan untuk kembali mengemban tugas sebagai pemimpin utama partai. Ia pun menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang kembali diberikan padanya dan berkomitmen meneruskan tugas memperkuat partai.

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Nasdem 34 daerah diketahui sebelumnya secara aklamasi kompak meminta Surya Paloh menjadi Ketua Umum NasDem periode 2019-2024.

"Saya merasa tersanjung terhormat, artinya para kader masih memberikan keyakinan, kepercayaan dan amanah bagi saya untuk memimpin partai ini," kata Surya ditemui di sela Kongres ke-2 NasDem di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Minggu (10/11) sore.

Paloh mengakui tugas kedua yang diembannya ini mungkin tak bakal ringan mengingat karier politiknya yang sudah cukup panjang.


"Saya pikir sebenarnya harusnya saya tahu diri juga, tapi saya yakin kepercayaan dan keyakinan hati teman-teman mungkin mereka melihat saya masih fresh," tambah politikus usia 68 tahun ini.

Lebih lanjut Paloh tak merasa khawatir terpilihnya dia untuk kali kedua ini bakal menjegal regenerasi tokoh di Partai NasDem. Justru ia mengklaim, ke depan partainya akan mulai menjaring tokoh baik di dalam ataupun di luar kader yang mumpuni untuk melanjutkan misi politiknya.

"Saya justru mengharapkan banyak lebih hebat 10, 20 atau 100 kali dari kapasitas yang saya miliki. Dan itulah tugas kita bersama," tutur dia.

Pengukuhan Surya Paloh untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum Partai NasDem dijadwalkan berlangsung pada Senin (11/11) besok siang. Ketua Fraksi NasDem DPR Ahmad Ali memastikan seluruh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) dari 34 daerah secara aklamasi kompak meminta Surya Paloh menjadi Ketua Umum Periode 2019-2024.

Kata Ali, satu nama yang muncul di sidang pleno Sabtu (9/11) kemarin itu telah disetorkan ke majelis tinggi untuk dimintakan persetujuan.

"Pengumumannya kalau sesuai dengan jadwal Insyaallah akan diumumkan pada besok siang. Karena majelis tinggi akan bersidang," kata dia ditemui di tengah kongres di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Minggu (10/11).
[Gambas:Video CNN]
Ahmad Ali mengatakan sidang majelis tinggi tersebut akan memutuskan dan menetapkan ketua umum terpilih 2019-2024. Ia pun mengakui belum ada calon lain di partainya yang ketokohannya mampu menandingi Surya Paloh.

"Partai NasDem termasuk bangsa Indonesia menurut kami masih sangat membutuhkan ketokohan, kepemimpinan dari Pak Surya Paloh. Sehingga dari seluruh kader NasDem baik itu anggota maupun struktur partai masih sangat mengharapkan kesediaan Pak Surya Paloh untuk memimpin kembali partai ini, paling tidak sampai dengan pemilu 2024," ungkap Ahmad Ali.
(ika/gil)