Bamsoet Sebut Surya Paloh Usul Amandemen Total UUD 1945

CNN Indonesia | Kamis, 14/11/2019 02:14 WIB
Bamsoet Sebut Surya Paloh Usul Amandemen Total UUD 1945 Bambang Soesatyo bertemu Suya Paloh. (CNN Indonesia/Michael Josua Stefanus)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, menyebutkan bahwa Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh telah mengusulkan agar MPR RI melakukan amandemen menyeluruh terhadap Undang-Undang Dasar RI 1945.

Pria yang akrab dipanggil Bamsoet mengatakan hal itu, usai mengadakan silahturahmi bersama dengan Paloh di kantor DPP Partai NasDem, Jakarta Pusat, Rabu (13/11).

"Dari mulai preambule (pembukaan), sampai pasal demi pasalnya," kata Bamsoet kepada wartawan saat ditemui usai pertemuannya dengan Paloh.


Kendati demikian, kata Bamsoet, Paloh menegaskan agar amandemen yang dilakukan mesti sesuai dengan kebutuhan bangsa dan negara. Sehingga diperlukan pertimbangan cermat dalam melakukan amandemen.


Selain itu, Bamsoet juga mengakui, selama pertemuannya, kedua pihak membahas mengenai eksistensi pancasila di era saat ini. Mantan ketua DPR RI ini menyebutkan bahwa Paloh mengusik MPR RI mengenai sila ke-4 Pancasila.

Menurutnya, sila tersebut bertentangan dengan UUD'45 Pasal 2 ayat 3 yang menyebutkan bahwa pengambilan keputusan dalam MPR RI berdasarkan 2/3 anggota Majelis yang hadir dan bukan berdasarkan musyawarah mufakat.

"Kalau mau kita pertahankan ini, akan jadi paradoks yang bertentangan dengan semangat ini," jelas Bamsoet.

Sebagai informasi, Bamsoet bersama dengan pimpinan MPR RI lainnya sedang gencar melakukan silahturahmi kebangsaan dengan sejumlah pemimpin partai di Indonesia.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan bertemu dengan PKB dan jug PKS. Selain itu, ia pun mengagendakan untuk mengadakan pertemuan dengan partai Golkar yang membesarkan namanya setelah partai tersebut menyelenggarakan munas.

[Gambas:Video CNN]

"Jadi kita hari ini dengan Pak Surya sebagai ketua umum NasDem. Hari Jumat kita ke tempatnya Muhaimin dari PKB jam 10.00 pagi,
PKS kemungkinan besar minggu depan," kata Bamsoet disela-sela pertemuan.

Sebelumnya, Bamsoet bersama jajaran pimpinan MPR lainnya juga sudah menggelar pertemuan dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan di Kantor DPP PAN, Jalan Daksa, Jakarta Selatan, Selasa (12/11) sore. (mjo/ayp)