Kapolda Papua soal HUT OPM: Situasi Papua Aman dan Kondusif

Antara,, CNN Indonesia | Minggu, 01/12/2019 11:37 WIB
Kapolda Papua soal HUT OPM: Situasi Papua Aman dan Kondusif Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw. (Foto: CNN Indonesia/Ramadhan Rizki Saputra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw mengatakan, situasi keamanan di Papua saat ini aman, kondusif, dan terkendali.

Organisasi Papua Merdeka (OPM) merayakan hari jadi pada Minggu (1/12), sementara situasi keamanan di Papua kondusif dan terkendali hingga pukul 10.00 WIT.

Irjen Polisi Paulus mengatakan bahwa pihaknya memang tidak mengizinkan kegiatan masyarakat secara berkelompok-kelompok dalam rangka memperingati HUT OPM pada hari ini.


Dikutip Antara, Polda Papua mengerahkan 1.300 personel untuk mengamankan Jayapura hari ini. Pengamanan diperketat khususnya di wilayah-wilayah rawan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), termasuk kawasan pegunungan tengah dan wilayah operasi PT Freeport.

Di Kabupaten Biak Numfor, patroli dijalankan oleh aparat kepolisian bersamaan dengan TNI. Dari pantauan yang dilakukan Antara, kegiatan masyarakat setempat di sana berjalan dengan normal.

Pedagang yang biasa menjajakan makanan di Jalan Imam Bonjol Biak di Biak Numfor mengaku kegiatannya pun tak terganggu hingga sekarang.

"Sejak pagi saya berjualan lancar dan aman melayani pembeli," tutur Masyuri.

Sejumlah pasar, seperti pasar Inpres dan pasar ikan setempat juga masih dibuka dan berjalan dengan normal. Beberapa pedagang sudah membuka lapak dagangannya sejak pagi.

Hal serupa juga dikatakan komunitas warga setempat yang kerap melakukan patroli bersama di wilayah sekitar.

"Dari malam hingga pagi hari ini suasana warga Biak beraktivitas lancar, terutama yang sedang melaksanakan ibadah Minggu pagi di berbagai jemaat gereja," ujar A.Rumanasen.

[Gambas:Video CNN] (fey/mik)