PDIP Akan Bahas Pilkada Serentak di Rakernas I 2020

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 11/12/2019 01:50 WIB
PDIP Akan Bahas Pilkada Serentak di Rakernas I 2020 Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. (Foto: CNNIndonesia/Feri Agus)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berencana menggelar Rapat Kerja Nasional I sekaligus memperingati HUT ke-47 di Jakarta pada tanggal 10-12 Januari 2020. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan Rakernas I PDIP menjadi momentum konsolidasi politik pemerintahan yang pertama pasca Kongres V PDIP di Bali.

"PDI Perjuangan kembali memelopori gerak kepartaian dengan mengadakan peringatan HUT ke-47 partai bersamaan dengan Rakernas I," ujar Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (11/12).

Hasto menuturkan tema Rakernas I PDIP, yakni 'Solid Bergerak Wujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional'. Adapun sub tema, yakni 'Strategi Jalur Rempah Dalam Lima Prioritas Industri Nasional Untuk Mewujudkan Indonesia Berdikari'.
Hasto membeberkan lima industri yang akan dibahas mencakup lima bidang prioritas kesejahteraan rakyat, yakni bidang pangan, sandang, dan papan; bidang pendidikan dan kesehatan; bidang lapangan kerja, sosial, dan jaminan sosial; bidang infrastruktur dan lingkungan hidup; dan bidang mental dan rohani yang meliputi agama, kepercayaan, serta kebudayaan.


Lebih lanjut, Hasto menyampaikan PDIP akan merumuskan pokok-pokok haluan negara pada momen Rakernas dan HUT PDIP. Sebagai partai politik pemenang pemilu dua kali berturut-turut, Hasto berkata PDIP merasa bertanggungjawab terhadap masa depan dan merumuskan haluan negara dengan mengedepankan riset dan teknologi.

PDI Perjuangan, lanjut dia, menyadari bahwa pembahasan haluan negara bukan sekedar langkah politik. Namun, jalan kebudayaan yang berakar kuat dengan sejarah peradaban bangsa dan visioner karena mencakup pandangan 25 hingga 100 tahun, serta membumi pada kehendak rakyat Indonesia.

"Karena itulah, hal-hal yang berkaitan ekonomi kerakyatan seperti pangan, obat-obatan yang berakar pada kekayaan hayati bangsa, rempah-rempah, aromatherapic, bumbu-bumbuan, dan kekayaan laut nasional akan dibahas dengan mengedepankan riset dan inovasi melalui pendekatan komprehensif dari hulu ke hilir," ujarnya.
Selain merumuskan haluan negara, Hasto menyampaikan Rakernas juga akan membahas pemantapan menghadapi pilkada serentak tahun 2020. PDIP, kata dia, akan memperkuat proses kelembagaan dan kepemimpinan guna menyiapkan calon pimpinan yang menjalankan visi misi partai.

"PDIP telah dipercaya rakyat menang pemilu dua kali berturut-turut, karena itu kami akan menyiapkan calon pemimpin untuk masa depan Indonesia," ujar Hasto.

Hasto menambahkan, Rakernas PDIP akan diawali dengan mengangkat akar dan sejarah peradaban nusantara melalui jalur rempah, kekayaan spiritualitas bangsa, flora dan fauna sebagai kekayaan hayati nusantara yang berperan penting di dalam membentuk peradaban nusantara.

Lebih dari itu, Hasto menyebut peringatan HUT ke-47 dan Rakernas I PDIP akan ditutup dengan malam kebudayaan sebagai komitmen partai di dalam program nation and character building yang berdiri kukuh pada kebudayaan otentik bangsa. (jps/rea)