Libur Natal-Tahun Baru, Polisi Terapkan Satu Arah di Puncak

CNN Indonesia | Senin, 23/12/2019 07:17 WIB
Polres Bogor akan memberlakukan sistem satu arah di Puncak selama libur Natal dan Tahun Baru pada pagi dan siang hari untuk mengatasi kepadatan arus kendaraan. Kepadatan arus lalu lintas menuju Puncak, Bogor. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya).
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian memberlakukan sistem satu arah di Puncak, Bogor, Jawa Barat selama libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Sistem tersebut diberlakukan karena libur panjang ini bersamaan dengan libur sekolah.

"Di awal musim liburan Nataru ini yang juga bersamaan dengan dimulainya libur sekolah sudah nampak ada lonjakan kendaraan yang mengarah ke jalur Puncak," ujar Kasat Lantas Polres Bogor, AKP M. Fadli Amri dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/12).

Fadli mengatakan lonjakan kendaraan menuju jalur Puncak terpantau dari padatnya arus kendaraan yang keluar dan masuk di Gerbang Tol Ciawi.


Pemberlakukan sistem satu arah ini sebelumnya sudah diterapkan pada akhir pekan kemarin. Dimulai pada Sabtu (21/12), sistem satu arah menuju atas berlaku sejak pukul 07.30 WIB. Kemudian pada pukul 12.30 WIB, satu arah juga diberlakukan menuju bawah.

"Tindakan ini terbukti efektif yaitu sekitar jam 15.30 WIB jalur puncak telah dinormalkan kembali dua arah karena kepadatan arus telah berkurang," kata Fadli.

Pun demikian pada Minggu (22/12), satu arah menuju atas diberlakukan sejak pukul 07.30 WIB hingga 09.30 WIB. Sementara satu arah menuju bawah berlaku sejak pukul 12.30 WIB sampai 19.00 WIB.

[Gambas:Video CNN]

Fadli melanjutkan, berdasarkan data yang ada, kendaraan yang keluar Gerbang Tol Ciawi pada Minggu sebanyak 22.490 kendaraan. Kemudian di hari yang sama sampai pukul 18.00 WIB, kendaraan masuk di Gerbang Tol Ciawi sebanyak 20.711 kendaraan.

"Berdasarkan data tersebut, anggota Satlantas Polres Bogor tetap bersiaga untuk mengantisipasi kepadatan di jalur puncak," ujarnya.

Atas dasar itu, Polres Bogor akan tetap memberlakukan sistem satu arah di Jalur Puncak karena terbukti efektif mengatasi kepadatan arus kendaraan.

Dia pun mengingatkan masyarakat yang ingin melewati jalur Puncak, bahwa dari pukul 7.30 WIB hingga 12.30 WIB akan diberlakukan sistem satu arah ke atas, sedangkan pukul 13.00 WIB hingga 18.00 WIB satu arah menuju bawah.

"Tentunya pembukaan dan penutupan arus ini akan menyesuaikan kondisi arus di lapangan, kami membagikan informasi secara real time di akun Instagram, twitter dan facebook @tmcpolresbogor," ujar Fadli. (osc/osc)