FOTO: Tak Gentar Hadapi Banjir di Hari Pertama Sekolah

Antara Foto,, CNN Indonesia | Senin, 06/01/2020 16:23 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Di tengah upaya warga Jabodetabek menuju kondisi normal pasca-banjir besar, pada Senin (6/1) ini siswa-siswa menjalani hari pertama kembali bersekolah.

Sejumlah guru dan murid SDN 05 melintasi banjir di daerah Pondok Ungu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (6/1). Hari pertama mereka kembali ke sekolah diwarnai banjir sejak pukul 05.00 WIB akibat luapan kali. (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)
Banjir dengan intensitas tinggi pada malam tahun baru membuat sejumlah titik di wilayah Jabodetabek terkena banjir dan belum seluruh dampaknya teratasi hingga hari ini. BNPB memperkirakan 409 ribu orang terdampak banjir tahun baru. (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)
Jika di Pondok Ungu Bekasi siswa masih bisa datang ke sekolah, meski dalam kondisi banjir, di beberapa wilayah lainnya seperti Cibinong, Bogor, kegiatan belajar mengajar digelar di tenda darurat. (ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah)
Kondisi tergenang banjir juga terjadi di Sekolah Dasar Negeri Kapuk Muara 01. Kegiatan belajar mengajar di sejumlah sekolah terdampak banjir belum efektif karena selain ruangan kelas terendam air juga digunakan sebagai tempat pengungsian. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Selain itu, kegiatan belajar mengajar juga tak efektif, karena beberapa sekolah juga menggunakan hari pertama untuk berbenah membereskan sisa-sisa banjir. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan sebanyak 211 sekolah dan 22.500 siswa terdampak banjir pada awal bulan ini di Jakarta. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Di Cibinong, Kabupaten Bogor, sejumlah siswa melintas di depan sekolah yang rusak dan ambruk di SDN Cirimekar 02. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Intensitas hujan yang tinggi sejak Selasa (1/1) pagi diduga mengakibatkan ambruknya atap SDN 02 Cirimekar, yang terdiri atas tiga ruang kelas, satu ruang guru, serta satu ruang Tata Usaha (TU), sehingga berimbas pada Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)
Akibat atap ruang kelas ambruk, siswa pun terpaksa belajar di tenda darurat pada hari pertama sekolah pasca-libur panjang. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)