Hasto Sebut Politikus PDIP Tersangka Suap Sosok Bersih

CNN Indonesia | Kamis, 09/01/2020 21:43 WIB
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut Harun Masiku, caleg PDIP yang ditetapkan tersangka suap oleh KPK, sebagai sosok yang bersih. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menilai Harun Masiku sosok dengan rekam jejak baik. (CNN Indonesia/ Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Jenderal PDI-Perjuangan Hasto Kristiyanto mengaku lebih memilih caleg dari Dapil Sumatera Selatan I Harun Masiku ketimbang Riezky Aprilia untuk menggantikan Nazarudin Kiemas sebagai Anggota DPR terpilih.

Pasalnya, kata dia, Harun adalah sosok yang bersih dan memiliki rekam jejak baik.


"Dia (Harun) sosok bersih dan dalam upaya pembinaan hukum juga selama ini cukup baik track record-nya," jelas dia.


Diketahui, calon anggota legislatif terpilih dari Dapil Sumsel I dari PDIP Nazarudin Kemas meninggal dunia. PDIP kemudian hendak melakukan pergantian antar waktu (PAW).

Hasto mengklaim partai memiliki wewenang untuk memilih pengganti Nazarudin dengan mengikuti putusan Mahkamah Agung (MA).

[Gambas:Video CNN]

"Putusan MA menyerahkan hal tersebut (PAW) ke parpol. Tapi keputusannya kan tetap ada di KPU. Kami tidak mengambil keputusan," kata dia saat ditemui di Jakarta, Kamis (9/1).

Hal itu dikatakan Hasto sebelum KPK menetapkan Komisioner KPU Wahyu Setiawan, Agustiani Tio Fridelina, yang juga merupakan orang kepercayaan Wahyu, Harun, dan Saeful (pihak swasta), sebagai tersangka dalam kasus suap PAW.

KPK sendiri sudah meminta Harun Masiku untuk menyerahkan diri terkait kasus ini.


"KPK meminta tersangka HAR segera menyerahkan diri ke KPK dan pada pihak lain yang terkait dengan perkara ini agar bersikap kooperatif," kata Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar saat konferensi pers di Kantornya, Jakarta, Kamis (9/1).

Harun ditetapkan tersangka lantaran menyuap Wahyu Setiawan agar dibantu menjadi anggota DPR menggantikan Nazarudin. (mjo/arh)