Didukung Amien, Mulfachri Gandeng Hanafi Rais Jadi Sekjen PAN

CNN Indonesia | Rabu, 15/01/2020 15:50 WIB
Didukung Amien, Mulfachri Gandeng Hanafi Rais Jadi Sekjen PAN Politikus PAN Mulfachri Harahap. (CNNIndonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Mulfachri Harahap akan menggandeng anak Amien Rais, Hanafi Rais dalam Kongres 2020.

Mulfahcri akan maju menjadi calon Ketua Umum PAN di Kongres. Sementara Hanafi akan digandeng sebagai calon Sekretaris Jenderal PAN.

Mulfachri menyatakan dirinya sedang mempersiapkan tradisi baru di PAN dimana kandidat Ketum dan Sekjen sudah diketahui sebelum kongres digelar.


"Memang kami, saya dan Hanafi rais sudah memulai atau mencoba membangun tradisi baru, di mana pasangan ketum dan sekjen sudah kita tentukan sejak awal," kata Mulfachri di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (15/1).

Mulfachri menyatakan posisi Sekjen pada Kongres PAN sebelumnya ditentukan oleh peraih suara kedua terbanyak setelah posisi Ketum. 

Justru sebaliknya, Ia merancang agar kandidat ketum dan sekjen PAN diketahui sejak awal oleh para pemilik suara di kongres

"Kader yang memiliki suara berhak untuk lebih tahu sejak awal kira kira duet yang akan memimpin partai ini ke depan siapa dan dengan peformance dari duet seperti itu kira-kira harapan partai ini seperti apa," kata dia.

Mulfachri menyatakan pihaknya sampai saat ini terus berusaha menggalang dukungan dari pengurus daerah yang memiliki suara meski sudah didukung tokoh senior sekaliber Amien Rais.

Meski demikian, Mulfachri enggan membeberkan berapa pengurus daerah yang menyatakan sudah mendukungnya di Kongres. Ia hanya menyatakan PAN dapat menjadi lebih baik di bawah kepemimpinan dirinya dan Hanafi.

"Optimisme lah bahwa insyaallah kalau dikelola dengan baik partai ini ke depan akan lebih baik.  Mudah-mudahan antusiasme itu nanti akan berbuah dalam bentuk dukungan yang konkret dalam kongres yang akan datang," kata dia.
[Gambas:Video CNN]
Tak hanya itu, Mulfachri juga enggan berandai-andai menjadi calon presiden atau calon wakil presiden di Pemilu 2024 mendatang bila terpilih sebagai Ketum.

Ia hanya menjanjikan bakal mengabdikan seluruh waktu dan tenaganya untuk membesarkan partai kedepannya.

"Saya akan gunakan untuk membesarkan partai membenahi partai, melakukan konsolidasi sampai ke tingkat yang paling kecil," kata dia.

Selain Mulfachri Harahap, dua kader PAN yang akan maju adalah Zulkifli Hasan dan Asman Abnur.
(rzr/sur)