Banjir Jadi Kolam Renang Dadakan Anak-anak Gunung Sahari

CNN Indonesia | Jumat, 24/01/2020 13:50 WIB
Banjir Jadi Kolam Renang Dadakan Anak-anak Gunung Sahari Sejumlah anak bermain di banjir yang menggenang di jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat. (CNN Indonesia/Thohirin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah anak bermain di banjir yang menggenang di jalan Gunung Sahari setelah hujan yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak Jumat (24/1) pagi. Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, anak-anak sekolah dasar itu terlihat asik bermain air di banjir laiknya bermain di kolam renang.

Salah satu anak bernama Wulan mengaku senang bermain air di genangan banjir di Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat. Murid kelas 5 sekolah dasar itu juga mengaku tidak takut sakit bermain di genangan banjir.

"Enggak (takut sakit). Nggak apa-apa. Seneng aja," ujarnya, Jumat (24/1) siang.


Mereka terlihat asyik dan cuek terhadap kendaraan bermotor yang melintas di tengah jalanan tersebut. Tak terlihat kekhawatiran bahaya di mata para bocah karena pengendara menjalankan kendaraannya perlahan akibat melintasi genangan.

Salah satu anak lain, Zidan mengaku sudah biasa bermain di banjir yang menggenang di Jalan Gunung Sahari. Sama seperti Wulan, ia juga tak takut sakit bermain saat banjir.

"Mandi-mandi doang," katanya.

Hujan yang mengguyur DKI Jakarta sejak Jumat (24/1) pagi, merendam jalanan di sejumlah wilayah. Salah satunya jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, ketinggian banjir di Jalan Gunung Sahari antara 30-50. Ketinggiannya naik sejak beberapa jam sebelumnya yang hanya 10 cm berdasarkan pantauan TMC Polda Metro.
Jalan Banjir Gunung Sahari Jadi Kolam Renang Anak-anakJalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat banjir. (CNN Indonesia/Thohirin)

Berikut adalah titik-titik genangan yang membanjiri jalanan di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada pagi hingga siang ini.

Di kawasan Jalan Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan genangan air mencapai 20 centimeter. Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, pada pukul 10.29 WIB air masih menggenang di berbagai sudut jalan. Bahkan genangan air makin meninggi dan hampir meluap ke trotoar di sisi jalan.

[Gambas:Video CNN]
Kendaraan yang melintas terpaksa memperlambat laju karena harus menerabas genangan. Pengendara sepeda motor memanfaatkan JPO atau flyover untuk berteduh

Selain itu, dihimpun dari akun TMC Polda Metro Jaya, titik-titik genangan air yang membanjiri jalanan di antaranya ada di sejumlah kawasan Jakarta Utara yakni di Bundaran Lapiaza (20-25 cm), Pluit Raya (30-40 cm), Jalan Gaya Motor Raya (30-35 cm), dan Jalan Agung Karya di Sunter (25 cm). Kemudian, berdasarkan pantauan, banjir pula terlihat di jalanan Cempka Putih. Sementara, Kali Sunter terlihat sudah penuh.

Sepanjang jalan di Jalan Sunter Kemayoran digenangi air setinggi betis orang dewasa atau sekitar 60 centimeter. Ban-ban mobil dan truk yang melintasi daerah ini terendam. Kendaraan pun terpaksa berjalan tersendat lantaran air yang meluap dari Kali Sunter tersebut mengakibatkan banjir.

Sementara itu di Jakarta Timur yang terpantau adalah di Jalan DI Panjaitan (10 cm), dan untuk Jakarta Pusat di Jalan Gunung Sahari (15 cm).

Sementara itu, BMKG, lewat peringatan dini prakiraan cuaca menyatakan potensi hujan sedang-lebat disertai kilat/;etir dan angin kencang yang terjadi sejak pukul 10.40 WIB terjadi di sejumlah wilayah Jabodetabek.

(thr/kid)