Polri Gelar Rapim Persiapan Pengamanan Pilkada dan PON Papua

CNN Indonesia | Rabu, 29/01/2020 12:29 WIB
Polri Gelar Rapim Persiapan Pengamanan Pilkada dan PON Papua Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menggelar rapim untuk persiapan menghadapi berbagai macam potensi gangguan kantimbmas Pilkada Serentak 2020 hingga PON XX di Papua.(CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Polri menggelar rapat pimpinan (rapim) persiapan pengamanan sejumlah kegiatan skala nasional mulai dari Pilkada Serentak 2020 hingga PON XX di Papua.

Kapolri Jenderal Idham Azis memimpin langsung pembukaan acara rapim yang dihadiri pejabat utama Polri hingga para Kapolda di Auditorium PTIK, Jakarta Selatan, Rabu (29/1).
"Tugas-tugas tersebut antara lain adalah pengamanan Pilkada yang akan dilaksanakan di tahun 2020 sejumlah 270 wilayah. Kemudian pelaksanaan PON XX tahun 2020 di Papua," kata Idham.

Idham menyebut, rapim ini juga membahas soal pengamanan dalam proses pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh pemerintah di seluruh wilayah Indonesia.


"Seluruhnya kita amankan bersama dengan rekan-rekan TNI," ujarnya.

[Gambas:Video CNN]
Berdasarkan data Polri per Oktober 2019, Indeks Potensi Kerawanan Pilkada untuk tingkat provinsi tahun 2020, Sulawesi Tengah menjadi paling rawan, diikuti oleh Sulawesi Utara, Kalimantan Selatan, Kepulauan Riau.

Kemudian di level kota paling rawan, yakni Tomohon, Bitung, serta Tangerang Selatan.

Sementara Nabire, Timor Tengah Utara, Keerom, Manggarai Barat, Sumba Barat, Tojo Unauna, serta Musi Rawa Utara menjadi kabupaten yang paling rentan.

Selain itu, kata Idham, rapim ini juga membahas soal pembinaan personel Polri serta kasus-kasus yang saat ini tengah ditangani oleh Korps Bhayangkara.

"Kasus-kasus yang sekarang sedang dikerjakan oleh Bareskrim juga sudah kita bicarakan secara teknis," ucap Idham. (dis/osc)