RSCM Terendam Air, Sejumlah Alat Medis Rusak

CNN Indonesia | Minggu, 23/02/2020 14:30 WIB
Sejumlah alat kesehatan di RSCM, Jakarta Pusat rusak karena terendam air. Hujan deras sejak Sabtu (22/2) malam mengakibatkan dua gedung di RSCM banjir. Sejumlah alat medis di RSCM mengalami kerusakan karena terendam air. (Dok.BNPB)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gedung Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta terendam air. Sejumlah alat medis mengalami kerusakan akibat banjir yang menggenangi Gedung A sebagai ruang rawat inap dan Gedung Tiara RSCM. Banjir yang menggenangi RSCM akibat hujan cukup lebat, Minggu (23/2).

Kasubag Humas RSCM Ananto dalam keterangan tertulisnya, mengatakan, genangan di gedung A terjadi sejak pukul 05.00 WIB.

"Genangan air setinggi mata kaki (sekitar 8 cm) akibat hujan yang cukup deras di sepanjang selasar Gedung RSCM, yang berdampak juga masuknya air tersebut ke beberapa ruangan seperti radiologi dan radioterapi," kata Ananto.
Tim Fasmed (pengelola alat kesehatan) RSCM dan Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan Jakarta masih melakukan pemeriksaan alat medis radioterapi dan radiologi yang terkena genangan air.


Ananto mengatakan pukul 08.00 WIB, genangan air telah surut dan lokasi pelayanan radioterapi dan radiologi telah selesai dibersihkan.

Selain itu, RSCM menegaskan bahwa pelayanan pasien di unit gawat darurat (IGD) maupun ruang rawat inap tidak terganggu dan berjalan seperti biasa.

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo alat medis radiologi yang terendam itu antara lain, Stationary X-ray Ceiling, Fluoroscopy, Mammpgraphy.

[Gambas:Video CNN]


Selain itu, Stasionary X-ray Floor, Mobile X-ray, Dua unit CT Scan, Satu unit Ultra Sound Accuson, Seluruh sistem PACS (Picture Archiving and Communication System), dan Satu unit MRI Siemens

"Pendataan secara detil #banjir #DKIJakarta #RSCM sedang dilakukan. Akan diupdate (perbarui) jika sudah lengkap datanya," kata Agus lewat akun Twitter pribadinya @aw3126.
(din/ugo)