Tim Corona Babel Klaim Telah Pantau Kesehatan 2.277 Orang

CNN Indonesia | Rabu, 18/03/2020 03:21 WIB
Satgas Pencegahan Virus Corona Bangka Belitung menyebut 2.277 orang yang dipantau karena berhubungan dengan suspect corona. Mereka semua dinyatakan negatif. Ilustrasi pemeriksaan pasien terkait virus corona. (ANTARA FOTO/ARI BOWO SUCIPTO)
Jakarta, CNN Indonesia -- Satuan Tugas Pencegahan virus corona atau Covid-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan telah memantau kondisi kesehatan 2.277 dari 2.620 orang yang berhubungan dengan pasien suspect virus corona, guna mengantisipasi penyebaran virus tersebut.

"Kita sudah mendapat data di mana orang-orang yang sempat kontak dengan pasien suspect Covid-19 ini," kata Ketua Satgas Pencegahan Covid-19 Provinsi Kepulauan Babel, Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Selasa (17/3) sore.

Berdasarkan hasil laporan per 13 Maret 2019, diketahui 2.277 orang itu sudah dinyatakan negatif suspect Covid-19, sementara sisanya masih dalam pemantauan untuk memastikan mereka tidak tertular oleh virus yang ditularkan pasien suspect corona.


"Kita melakukan pendataan sebaik-baiknya dengan mendapatkan lokasi di mana suspect berada dan telah mulai mendata kalau-kalau nanti pasien suspect ini menjadi positif," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Babel, Mulyono Susanto mengatakan saat ini jumlah pasien dalam pengawasan yang diduga terinfeksi Covid-19 ada lima orang. Tiga dari lima pasien tersebut sudah selesai menjalani perawatan dan hasilnya negatif.

Sementara dua orang pasien diduga terinfeksi Covid-19 di RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang dan RSUD Marsidi Judono Tanjung Pandan Belitung sedang dalam pemeriksaan dan spesimen sudah dikirim ke Jakarta.

"Saat ini kita masih menunggu hasil tes pemeriksaan spesimen dua pasien ini dari Jakarta," katanya.


(Antara/wis)