Demam Tinggi, Peserta Ijtima Dunia Asal NTT Diisolasi

CNN Indonesia | Kamis, 19/03/2020 15:07 WIB
Dugaan sementara peserta Ijtima di Gowa asal NTT itu kelelahan sehingga mengalami demam tinggi. Namun peserta tetap diisolasi sesuai prosedur. Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Makassar, CNN Indonesia -- Seorang peserta Ijtima Dunia Zona Asia 2020 di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan mengalami demam tinggi. Peserta asal Nusa Tenggara Timur (NTT) langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Haji Makassar dan dimasukkan ke dalam ruang isolasi.

Saat ini kondisi pria 75 tahun itu dikabarkan makin membaik.

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengatakan setelah acara Ijtima di Gowa itu ditunda, sebanyak 8.223 pesertanya dikarantina.

Mereka dipisahkan jadi tiga kategori berdasarkan tempat asal, yakni warga negara asing, peserta asal Sulsel dan peserta luar Sulsel.


"Tim kesehatan juga bekerja di sana (lokasi Ijtima) untuk mendeteksi semua peserta, apakah ada yang suspect atau tidak," kata Nurdin Abdullah di Makassar, Kamis (19/3)

Hasilnya ditemukan seorang peserta demam tinggi. Sesuai dengan prosedur standar, peserta itu segera diisolasi di rumah sakit.

"Dibawa ke RSUD Haji tapi sudah tertangani dengan baik," katanya.

Koordinator Tim Pengendali Penyebaran Covid-19 RSUD Haji Makassar, Sahruna mengatakan suhu tubuh peserta itu sempat mencapai 39 derajat.

"Dicurigai karena kelelahan, usianya telah lanjut, 75 tahun," katanya.

Menurut Sahruna kondisi pria itu kini membaik dan suhu tubuhnya normal. Namun sesuai dengan prosedur pasien tersebut tetap ditempatkan di ruang isolasi.
(svh/sur)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK