Guru Besar FKM UI Meninggal Dunia di RSCM Jakarta

CNN Indonesia | Jumat, 03/04/2020 11:36 WIB
Guru Besar FKM UI Nasrin Kodim meninggal dunia di RSCM, ia pakar epidemiologi kedua dari FKM UI setelah Bambang Sutrisna pada 23 Maret lalu di RS Persahabatan. Ilustrasi Jenazah. (Istockphoto/Nito100)
Jakarta, CNN Indonesia -- Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Nasrin Kodim meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta, Jumat (3/4).

Kabar berpulangnya Nasrin tersiar dari unggahan instagram akun Instagram FKM UI (@fkm_ui).

Dalam unggahan tersebut tertulis ucapan belasungkawa untuk Nasrin yang wafat pukul 04.30 WIB di RSCM Jakarta Pusat.


Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Halik Malik turut mengkonfirmasi kabar duka tersebut.

"Beliau meninggal di RSCM, dirawatnya dengan status PDP (Pasien Dalam Pengawasan) Covid-19," jawab Halik lewat aplikasi pesan saat dihubungi CNNIndonesia.com, Jumat (3/4)

Dihubungi terpisah, Ketua Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Ede Darmawan juga mengonfirmasi hal tersebut.

"Iya kami berduka atas berpulangnya senior kami dokter Nasrin Kodim meninggal di RSCM tadi pagi," kata Ede lewat sambungan telepon.

"Kalau tidak salah dirawat [di RSCM] sejak tiga hari yang lalu," imbuhnya.

[Gambas:Instagram]

Sementara itu Ede yang juga merupakan Dosen di Fakultas FKM UI belum bisa memastikan penyebab meninggalnya Nasrin.

Namun, jika melakukan penelusuran dalam waktu dekat, Nasrin sempat bertemu dalam satu agenda rapat dengan dr Bambang Sutrisna yang menjadi PDP risiko virus corona (Covid-19). Bambang Sutrisna, yang juga Guru Besar FKM UI itu telah wafat di RSUP Persahabatan, Jakarta, pada 23 Maret lalu.

Bambang Sutrisna dan Nasrin diketahui sama sebagai Guru Besar Epidemiologi di FKM UI.

[Gambas:Instagram]

Namun, kata Ede, dirinya tak ingin menyimpulkan lebih dini dan meminta publik menunggu hasil laboratorium yang menjelaskan penyebab meninggalnya Nasrin.

"Belum ada konfirmasi dari keluarga, kemarin kabar yang beredar dokter Nasrin masuk ke RSCM dugaan terkait Covid-19, begitu,"  kta dia.

[Gambas:Video CNN]
Semasa hidupnya, Nasrin Kodim dikenal sebagai pakar epidemiologi dari FKM UI. Selain dari almamaternya tersebut, Nasrin pun mendapatkan gelar master ilmu kesehatan masyarakat dari Tulane University di Amerika Serikat.

CNNIndonesia.com telah berusaha menghubungi pihak RSCM untuk mengonfirmasi terkait mangkatnya mendiang Nasrin, namun hingga berita ini ditulis belum ada jawaban.


(khr/kid)