Ma'ruf Doa Bersama PBNU: Semoga Corona Segera Hilang

CNN Indonesia | Kamis, 09/04/2020 22:11 WIB
Ma'ruf Amin bersama sejumlah ulama dari PBNU melakukan doa bersama yang disiarkan langsung di Youtube. Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Setwapres)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Ma'ruf Amin melakukan doa bersama sejumlah ulama dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Dalam acara bertema 'Doa Bersama dan Pertaubatan Global Melawan Covid-19' itu Ma'ruf berharap virus corona segera hilang di Indonesia.

"Mudahan malam ini acara yang ingin keberkahan. Bukan hanya Indonesia, tapi seluruh dunia. Sehingga wabah ini akan bisa hilang. Dan kembali seperti biasa," ujar Ma'ruf dalam acara yang disiarkan langsung akun YouTube NU Channel itu, Kamis (9/4) malam.


Ma'ruf menyampaikan sejumlah ibadah yang dilakukan di rumah selama wabah pandemi ini bukan untuk mencari kemudahan. Kata dia, hal itu dilakukan sebab saat ini umat Islam tengah berada dalam situasi kritis.


Oleh karena itu, menurut dia, dalam kondisi itu sesuatu harus dilakukan dengan cara berpikir yang benar. Ia menyatakan dalam menghadapi wabah ini bukan hanya dilakukan dengan usaha lahiriah, namun harus ada usaha batiniah.

"Di samping usaha dilakukan pemerintah, dan masyarakat sebagai orang beriman, kita juga harus ada upaya batiniah selain lahiriah," ujarnya.

Acara doa bersama tersebut turut dihadiri sejumlah ulama dan anggota PBNU, antara lain Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj, Helmy Faisal Zaini, Gus Mus, hingga Rais Aam PBNU KH. Miftachul Achyar.

Sementara itu, Said Aqil mengimbau kepada warga Nahdiyin dan semua umat Islam di Indonesia, agar selama bulan Ramadan nanti dapat melaksanakan ibadah di rumah. Sebab menurut Said Aqil penyebaran wabah ini masih akan berlanjut selama bulan Ramadhan nanti.


Ia meminta umat Islam melakukan ibadah selama Ramadan, seperti salat tarawih, salat Jumat, yang biasanya digelar di masjid dapat dilakukan di rumah. Ia juga meminta agar umat Islam sementara tidak melakukan acara buka bersama maupun takbir keliling.

Menurut dia, di tengah kondisi penyebaran wabah ini, berdiam diri di rumah juga termasuk ibadah. Bahkan, lebih utama dibanding melakukan ibadah secara bersama-sama karena dapat mencelakakan orang lain.

"Menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain juga ibadah. Juga perintah Allah. Allah berfirman, jangan sekali-kali kamu menjerumuskan diri mu sendiri, dalam kecelakaan," ujarnya. (thr/fea)

[Gambas:Video CNN]