Anies Imbau Warga Salurkan Bantuan PSBB ke Kelurahan

CNN Indonesia | Senin, 13/04/2020 22:59 WIB
Anies Baswedan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (tengah). Masyarakat Jakarta diimbau langsung memberikan bantuan sosial (bansos) kepada kelurahan selama penerapan PSBB. (jakarta.go.id)
Jakarta, CNN Indonesia -- Masyarakat Jakarta diimbau langsung memberikan bantuan sosial (bansos) kepada kelurahan selama pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus corona.

Nantinya, bansos tersebut akan dibagikan oleh kelurahan kepada warga yang membutuhkan.


"Kepada semua yang ingin membantu untuk berkoordinasi dengan Pemprov. Dan kami akan dengan senang hati (menerima bantuan sosial), paling mudah datangi kelurahan setempat," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta, Senin (13/4).


Menurut Anies, nantinya kelurahan akan langsung membantu mekanisme pendistribusian bansos tersebut ke warga yang membutuhkan.

Lebih lanjut, secara umum, Pemprov DKI sudah membangun hubungan kerja sama dengan lembaga-lembaga yang mengelola bantuan sosial. Ia menegaskan, bantuan sosial yang dikoordinasi ini proses pelaksanaannya akan jauh lebih teratur.


"Karena tidak dengan mengumpulkan orang, tapi justru dengan mengantarkan barang," tegas Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menambahkan, pihak Pemprov juga menerapkan hal serupa dalam penyaluran bansos ke masyarakat. Bansos untuk warga yang membutuhkan akan dikirimkan ke pihak RW.

"Nanti oleh RW bersama karang taruna mereka semua yang akan mendistribusikannya," jelasnya.

Lebih lanjut, Anies menyadari, pemberlakuan PSBB di ibu kota justru memunculkan solidaritas sosial antar sesama. Pihaknya pun mengapresiasi gerakan masyarakat yang dengan mandiri turut memberikan bantuan sosial kepada warga yang membutuhkan.
Anies Imbau Warga Salurkan Bantuan PSBB ke Kelurahan(CNNIndonesia/Basith Subastian)
"Kita semua menghargai niat baik untuk membantu saudara-saudara kita yang mengalami kesulitan di tengah himpitan perekonomian sekarang. Kami apresiasi, nomor satu bahwa PSBB menghasilkan justru solidaritas sosial, karena membantu sesama," tandasnya. (dmr/ayp)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK