Ajudan Wagub Sumut Positif Covid, Pulang ke Aceh Tak Lapor

CNN Indonesia | Selasa, 05/05/2020 17:51 WIB
Petugas kesehatan melakukan tes cepat (rapid test) COVID-19 kepada warga yang mengikuti kegiatan keagamaan beberapa waktu lalu di Gowa, Sulawesi Selatan di Sport Centre Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Jumat (10/4/2020). Pemerintah setempat melakukan rapid test kepada 60 warga usai pasien pertama dinyatakan positif COVID-19 setelah kembali dari kegiatan tersebut. ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/pras. Petugas kesehatan mengambil sampel untuk dites risiko infeksi virus corona. (ANTARAFOTO/Adiwinata Solihin)
Banda Aceh, CNN Indonesia -- Ajudan Wakil Gubernur Sumatera Utara berinisial OR, 25, kembali terkonfirmasi positif virus corona (Covid-19) setelah sempat sembuh. Sebelum dinyatakan positif kembali, dia pulang ke kampung halamannya di Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh.

Juru Bicara Covid-19 Kabupaten Bireuen, Husaini mengatakan, sebelumnya OR pernah dirawat di Rumah Sakit Adam Malik Medan karena terkonfirmasi positif corona. Namun, pada 6 April 2020, ia dinyatakan sembuh.

Setelah itu pasien melakukan karantina mandiri di rumahnya di Medan. Setelah lewat masa karantina, ia kembali di tes swab sebelum pulang ke Bireuen. Hasilnya keluar pada Senin (4/5) malam, dan ia dinyatakan kembali positif corona.


Sehingga pihaknya, menjemput pasien agar dikembalikan ke Medan, untuk di rawat lebih lanjut.

"Hasil positif baru kita terima kemarin sore dan malamnya kita langsung bawa ke Medan lagi," kata Husaini saat dikonfirmasi, Selasa (5/5).

Husaini juga menyesalkan tindakan pasien yang tidak melapor ke kepala dan petugas di desa saat pulang kampung dari Medan. Menurut Husaini, OR tidak melapor karena merasa dirinya sudah sembuh total.

"Dia lupa melapor, karena mungkin perhitungannya karena dia sudah sembuh. Perhitungannya sudah sembuh untuk apa melapor, mungkin begitu," katanya.

Husaini juga membantah selama dua hari di Bireuen, OR berkeliaran di warung kopi. Ia membantah dari foto OR yang viral sedang menyeruput kopi bersama temannya.

"Bukan, itu bukan foto saat dia pulang dua hari lalu," ujar Husaini.

(dra/kid)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK