Tebak-tebak Buah Manggis Partai Baru Amien Rais

CNN Indonesia | Sabtu, 09/05/2020 07:30 WIB
Tebak-tebak Buah Manggis Partai Baru Amien Rais Politiku senior PAN Amien Rais dikabarkan membentuk partai baru dan memboyong putranya bergabung, yakni Hanafi Rais (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kabar tentang rencana politikus senior Amien Rais membentuk partai baru menguat sejak beberapa hari terakhir. Dia dikabarkan ingin meninggalkan Partai Amanat Nasional (PAN) yang didirikannya lebih dari 2 dekade lalu. Loyalis Amien siap bergabung.

Isu partai baru sempalan PAN mengemuka usai putra Amien Rais, yakni Hanafi Rais yang memutuskan untuk berhenti menjadi Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) di DPR. Dia pun menyatakan mundur dari struktur kepengurusan PAN pada 5 Mei lalu.

Loyalis Hanafi Rais di PAN, yakni Muhammad Asri Anas mengatakan bahwa rekannya tersebut bakal bergabung dengan partai baru pecahan PAN. Partai baru itu akan digalang oleh Amien Rais bersama para loyalisnya.


Pendiri PAN Muhammad Yunus mengatakan ada tiga opsi nama partai politik (parpol) baru yang akan dibentuk oleh Amien Rais. Menurutnya, tiga opsi nama itu masih didiskusikan untuk dipilih hingga saat ini.

"Ada Partai Amanat Rakyat, Partai Amanat Reformasi, (dan) PAN Reformasi. Belum bulat soal nama partai," kata Yunus saat berbincang dengan CNNIndonesia.com, Jumat (8/5).

Kabar pengunduran diri Hanafi dan keberadaan partai baru tak bisa dilepaskan dari Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara pada 10-12 Februari 2020. Kala itu, Zulkifli Hasan didapuk menjadi Ketua Umum untuk kedua kalinya.
Hanafi Rais keluar dari kepengurusan PAN dan dikabarkan bergabung dengan partai baru bentukan ayahnya, yaitu Amien Rais Hanafi Rais keluar dari kepengurusan PAN dan dikabarkan bergabung dengan partai baru bentukan ayahnya, yaitu Amien Rais ( CNN Indonesia)
Dia mengalahkan Mulfachri Harahap yang didukung oleh Amien Rais. Bahkan, Hanafi pun digadang-gadang menjadi sekjen andai Mulfachri Harahap naik takhta. Namun, kenyataan berkata lain. Zulhas yang terpilih.

Selang 2 bulan kemudian, yakni Maret 2020, kabar tentang rencana Amien Rais membuat partai baru sempalan PAN muncul.
Politikus PAN Asri Anas mengatakan Amien Rais yang memimpin langsung gerakan pembentukan partai baru.

"Saat ini memang ada proses konsolidasi ya, memang salah satunya yang memberikan pertimbangan itu adalah Pak Amien Rais," kata Asri yang juga Ketua DPW PAN Sulawesi Barat kepada CNNIndonesia.com pada 27 Maret lalu.
Selain loyalis Amien Rais, Asri menyebut mantan Ketua KPK Abraham Samad akan turut bergabung. Namun, hal itu dibantah oleh Abraham. Dia mengaku tak tertarik untuk terjun ke dunia politik.

"Saya tetap memilih independen di jalur penegakan hukum. Pak Amien kita hormati sebagai Bapak Reformasi. Tidak ada pertemuan," kata Abraham kepada CNNIndonesia.com pada 27 Maret lalu.

Sejak itu, progres pembentukan partai baru oleh loyalis Amien Rais tak terdengar lagi di permukaan. Hingga kemudian, Hanafi Rais mengundurkan diri dari kepengurusan dan isu partai baru sempalan PAN kembali menguat.
Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi ragu Amien Rais benar-benar ingin meninggalkan PAN yang didirikannya lebih dari 2 dekade lalu. Dia yakin Amien Rais mencintai PAN.

"Pertanyaannya, benarkah Pak Amien akan mendirikan partai politik baru dan akan meninggalkan PAN? Saya pribadi meragukan jika Pak Amien akan mendirikan partai politik baru, mengingat besarnya cinta Pak Amien kepada PAN," kata Viva lewat pesan singkatnya, Jumat (8/5). (bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]