Tujuh Pasien Gangguan Jiwa di Jatim Positif Corona

CNN Indonesia | Rabu, 03/06/2020 09:09 WIB
Perawat dengan mengenakan pakaian APD (Alat Pelindung Diri) berupa baju Hazmat (Hazardous Material) melayani pasien kedua suspect (terduga penderita) COVID-19 (Corona Virus Desease) di kamar isolasi khusus RSUD dr Iskak, Tulungagung, Jawa Timur, Rabu (4/3/2020). Pasien perempuan berlatar belakang buruh migran dengan inisial DS (41) dinyatakan suspect COVID-19 sehingga harus menjalani perawatan khusus di kamar isolasi Ruang Pulmonary RSUD dr. Iskak karena menderita flu dan radang tenggorokan disertai demam tinggi dengan riwayat baru melakukan perjalanan ke negara yang terpapar wabah virus Corona, yakni ke China pada 15-25 Februari 2020,  Hongkong pada 25-26 Februari 2020, dan tiba Indonesia pada 27 Februari 2020. ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko/ama. Foto ilustrasi penanganan pasien corona. (ANTARA FOTO/Destyan Sujarwoko)
Surabaya, CNN Indonesia -- Tujuh orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Jawa Timur positif terinfeksi virus corona (Covid-19).  Mereka saat ini dirawat intensif di Rumah Sakit Jiwa Menur, Surabaya.

"Saat ini kami merawat 7 pasien gangguan jiwa konfirmasi positif. Mungkin beberapa minggu lalu baru satu. Saat ini 7 jiwa," kata Direktur RSJ Menur dr M Hafidin Ilham di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (2/6).

Ilham mengatakan, RSJ Menur sebagian gedungnya digunakan untuk tempat perawatan pasien corona. Dari 112 tempat tempat tudir yang disediakan, 17 di antaranya dikhususkan untuk ODGJ.

Dari 17 tempat tidur tersebut, sejak pekan lalu sempat terisi 12 pasien ODGJ yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP). Mereka kemudian menjalani tes swab polymerase chain reaction (PCR) 


"Tesnya dilakukan sebanyak dua kali, yang lima pasien negatif sehingga dipulangkan," kata Hafidin. 

Sementara 7 lainnya yang terkonfirmasi positif corona dirawat intensif.

Di Jawa Timur saat ini terdapat 5.135 pasien positif corona. Sebanyak 699 pasien dinyatakan sembuh dan 418 meninggal dunia.

Daerah terbanyak kasus corona adalah Kota Surabaya dengan 2.748 kasus positif. (frd/sur)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK