Cegah Corona, 3 Jalan di Surabaya Mulai Ditutup Malam Ini

CNN Indonesia | Jumat, 03/07/2020 15:52 WIB
Sejumlah kendaraan melintas di jalan Raya Darmo, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (28/4/2020). Pemerintah telah resmi memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Surabaya dan sebagian wilayah di Kabupaten Sidoarjo dan Gresik pada 28 April 2020 sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Moch Asim/hp. Tiga ruas jalan di Kota Surabaya, Jawa Timur, akan ditutup mulai malam ini, Jumat (3/7). Ilustrasi (ANTARA FOTO/Moch Asim)
Surabaya, CNN Indonesia --

Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) akan menutup tiga ruas jalan di Kota Surabaya, yakni Jalan Tunjungan, Jalan Raya Darmo dan Jalan Pandegiling, mulai malam ini, Jumat (3/7).

Penutupan kembali jalan tersebut dilakukan untuk menekan angka kasus corona (Covid-19) yang masih tinggi di wilayah yang kini dipimpin Tri Rismaharini.

"Untuk malam ini, malam Sabtu dan malam Minggu, weekend, Surabaya Raya dan Surabaya khususnya, kita akan melakukan pembatasan akses jalan," kata Kepala Bidang Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, Jumat, (3/7).


Truno menjelaskan petugas akan menutup akses kendaraan dan masyarakat di tiga ruas jalan itu mulai pukul 21.00 sampai pukul 04.00 WIB. Penutupan ini untuk membatasi kerumunan warga yang kerap memadati titik-titik di jalan tersebut.

"Kita tahu, aktivitas di jalan ramai pasca-transisi PSBB, walaupun edukasi terus kita lakukan," ujar Truno.

Infografis Daerah Kasus Tertinggi dan Terendah CoronaFoto: Infografis Daerah Kasus Tertinggi dan Terendah Corona
Infografis Daerah Kasus Tertinggi dan Terendah Corona

Menurut Truno, penutupan tiga ruas jalan itu hanya bersifat sementara. Waktu penutupan pun dipilih pada jam-jam tidak produktif sehingga tidak mengganggu kegiatan ekonomi di sekitar jalan tersebut.

"Sehingga yang akan kami bubarkan dan batasi aksesnya, malam hari orang bersepeda kita tutup aksesnya. Malam-malam bersepeda itu tidak produktif, artinya tidak menghasilkan sesuatu," katanya.

Sampai hari ini Kota Surabaya masih menjadi wilayah dengan jumlah kumulatif tertinggi di Jatim. Hingga kemarin, Kamis (2/7), kasus positif Covid-19 di Surabaya mencapai 6.099 orang. Dari jumlah itu, 2.737 orang sembuh dan 473 orang lainnya meninggal dunia.

(frd/fra)

[Gambas:Video CNN]