14 Pegawai RS Adam Malik Medan Positif Corona

CNN Indonesia | Kamis, 16/07/2020 19:05 WIB
Petugas medis beristirahat setelah selesai melaksanakan SWAB Test di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Rabu (8/4/2020). Tes dengan sistem tersebut dilakukan guna mempersempit penyebaran COVID-19 di wilayah Depok dan sekitarnya. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww. 14 pegawai RSUP H Adam Malik positif terpapar virus corona. Ilustrasi (ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA)
Medan, CNN Indonesia --

Sebanyak 14 pegawai di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik Medan, Sumatera Utara positif terinfeksi virus corona (Covid-19). Mereka merupakan pegawai medis dan nonmedis di rumah sakit tersebut.

"Tapi enggak semuanya tenaga medis. Dari 14 orang itu, 5 orang diisolasi di Adam Malik, sisanya isolasi mandiri," kata Kepala Subbagian Humas RSUP Haji Adam Malik, Rosario Dorothy Simanjuntak, Kamis (16/7).

Rosario mengatakan para pegawai itu tak tertular dari pasien yang dirawat di RSUP Adam Malik. Mereka diduga terpapar virus corona dari orang lain di lingkungan rumah masing-masing.


"Tertularnya jelas bukan dari pasien. Tenaga nonmedis kan tidak ada kontak dengan pasien Covid-19. Mereka tak melayani pasien Covid-19. Tenaga medis juga setelah kita telusuri karena ada kontak di luar rumah sakit terutama households contact, " ujarnya.

Menurut Rosario para pegawai ini diduga tertular setelah melakukan kontak dengan kasus konfirmasi tanpa gejala serta lengah menjalankan protokol kesehatan.

"Mereka kan punya kehidupan dan aktivitas di luar rumah sakit. Kemungkinan ada kontak dengan OTG (orang tanpa gejala) dan lengah menjalankan protokol kesehatan," katanya.

Menurutnya, pegawai RSUP H Adam Malik yang pernah melakukan kontak dengan mereka yang positif virus corona akan menjalani karantina mandiri. Ia pun kembali meminta para pegawai menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"Selain itu akan dilakukan tes lanjutan sesuai protokol yang telah ditentukan. Kami tetap ingatkan agar tertib menggunakan masker, mencuci tangan dan melakukan physical-distancing saat di luar rumah," ujarnya.

(fnr/fra)

[Gambas:Video CNN]