Bupati Pemalang dan Istri Positif, Gedung DPRD Jateng Tutup

CNN Indonesia | Rabu, 22/07/2020 21:23 WIB
Gedung DPRD Jawa Tengah sementara ditutup setelah istri Bupati Pemalang yang juga anggota DPRD Jateng dinyatakan positif virus corona. Ilustrasi. (ANTARA FOTO/RENO ESNIR)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut Bupati Pemalang Junaedi yang dinyatakan positif virus corona (Covid-19) dalam kondisi baik.

Ganjar juga meminta pemerintahan di Kabupaten Pemalang tetap berjalan meskipun Bupati Junaedi dan sejumlah pejabat di kabupaten setempat dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

"Sudah saya komunikasikan, pertama soal kesehatan. Pak Bupati bilang sehat, 'bergas', beliau izin pemerintahan diserahkan kepada wakil dan saya setujui," katanya.


Ganjar juga memastikan pelayanan masyarakat di Kabupaten Pemalang tak akan terganggu karena masih banyak orang yang bisa mengerjakan berbagai tugas dan pekerjaan di kabupaten setempat.

"Gak apa-apa, okeh wong (banyak orang). Itu tetap jalan, pemerintahan enggak boleh terganggu. Kalau repot, telepon saya," ujarnya.

Bupati Pemalang dan istrinya, Irna Setyowati, bersama sejumlah pejabat Pemkab Pemalang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan serangkaian hasil tes.

Ganjar telah menginstruksikan tracing kontak dekat, erat, dan sosial terhadap mereka yang positif. Selain itu, Ganjar meminta penundaan kegiatan-kegiatan di Kabupaten Pemalang yang berpotensi menimbulkan keramaian.

Terpisah, Wakil Ketua DPRD Jawa Tengah, Sukirman, membenarkan penutupan sementara Gedung DPRD Jateng. Kebijakan ini ditempuh setelah istri Bupati Pemalang yang juga wakil rakyat di DPRD Jateng positif terinfeksi Covid-19.

"Iya benar, gedung DPRD lantai 3, 4, 5 ditutup sejak kemarin hingga Senin 27 Juli 2020, juga dilakukan penyemprotan," kata Sukirman.

Selain melakukan penutupan gedung, anggota DPRD Jateng juga menghentikan semua kegiatan ke luar daerah dan memindahkan lokasi kegiatan dewan guna mengantisipasi meluasnya penyebaran Covid-19.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa itu menyebutkan kegiatan rapat DPRD Jateng akan dialihkan ke gedung milik Pemprov Jateng.

"Rapat-rapat dialihkan di gedung milik Pemprov Jateng, seperti rapat Badan Anggaran membahas KUA PPAS 2021 dialihkan di Gedung Bale Agung di Kompleks Argo Wisata Telogo Tuntang, Kabupaten Semarang, pada 21-24 Juli 2020. Gedung ini milik Perusda Citra Mandiri Jateng," katanya.

Tes usap Covid-19 juga dilakukan kepada seluruh legislator dan pegawai Sekretariat DPRD Jateng.

(Antara/wis)

[Gambas:Video CNN]