Bakamla Akan Jangkau Pulau Terluar Kirim Bansos Semasa Corona

CNN Indonesia | Selasa, 11/08/2020 04:44 WIB
Bakamla akan ikut membantu menyalurkan bansos untuk warga terdampak pandemi corona, khususnya yang berada di pulau terluar. Kepala Bakamla Laksamana Madya Aan Kurnia. (CNN Indonesia/ Aulia Bintang)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI akan ambil bagian menyalurkan bantuan sosial untuk masyarakat yang berada di pulau-pulau kecil dan terluar Indonesia.

Bantuan sosial ini disalurkan dalam rangka pandemi Covid-19 yang saat ini telah menjangkiti 100 ribu lebih orang dari 34 Provinsi yang tersebar di Indonesia.

Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksdya TNI Aan Kurnia memastikan pihaknya siap membantu pemerintah untuk menyalurkan berbagai bantuan kepada masyarakat. Hal ini juga telah dia sampaikan saat bertemu dengan Menteri Sosial Jualiari P. Batubara saat keduanya bertemu di Gedung Kementerian Sosial, Jakarta.


"Kepala Bakamla menyatakan kesiapan Bakamla RI/Indonesia Coast Guard (IDNCG) untuk mendukung penyaluran bansos ke pulau-pulau terluar di Indonesia," kata Kabag Humas dan Protokol Kolonel Wisnu Pramandita melalui rilis yang diterima CNNIndonesia.com, Senin (10/8).

Kementerian Sosial sejak pandemi Covid-19 memang telah menjadi salah satu agen penyalur Bansos kepada masyarakat miskin. Dengan peralatan dan kemampuan yang dimiliki, Aan kata Wisnu memastikan pihaknya siap ikut berpartisipasi untuk menyalurkan bansos kepada masyarakat di pulau-pulau kecil.

Tak hanya bansos, Bakamla juga kata Wisnu akan berpartisipasi melakukan sosialisasi new normal atau kenormalan baru terhadap masyarakat kepulauan ini. Sebab memang, Bakamla memiliki akses dan mudah untuk menjangkau pulau-pulau kecil dan terluar itu.

"Distribusi bansos ke pulau-pulau terpencil, sekaligus melakukan kegiatan sosialisasi new normal," kata dia.

Juliari selaku Mensos pun kata Wisnu menerima niatan Bakamla untuk ikut berpartisipasi melakukan penyaluran bansos bagi masyarakat kepulauan itu,

"Menteri Juliari P. Batubara mengapresiasi rencana yang telah dipersiapkan oleh Bakamla RI/IDNCG," kata dia.

(tst/ain)

[Gambas:Video CNN]