Cara Cek Info GTK 2020 untuk Guru dan Tenaga Pendidik

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 25/11/2020 16:50 WIB
Info GTK bertujuan mengecek hasil verifikasi data sekaligus validasi penerima tunjangan sertifikasi. Berikut cara cek info GTK 2020 terupdate. Info GTK bertujuan mengecek hasil verifikasi data sekaligus validasi penerima tunjangan sertifikasi. Berikut cara cek info GTK 2020 terupdate. (Foto: Screenshot via web info.gtk.kemdikbud.go.id)
Jakarta, CNN Indonesia --

Info GTK adalah singkatan dari informasi Guru dan Tenaga Pendidik. Info GTK ini bertujuan untuk membantu guru melakukan pengecekan hasil verifikasi data melalui aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Selain itu, info GTK juga berfungsi sebagai validasi penerima tunjangan sertifikasi guru dan insentif.

Bagi guru yang masih berstatus belum valid maka harus memperbaiki data melalui aplikasi Dapodik dan melakukan sinkronisasi ulang sampai status berubah menjadi valid.


Baru-baru ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) meluncurkan Program Bantuan Subsidi Upah (BSU) bagi Pendidik dan Tenaga Pendidikan (PTK) non-PNS Tahun 2020.

BSU tersebut berupa insentif sebesar Rp1,8 juta untuk masing-masing penerima, mencakup dosen dan guru honorer, guru yang diberi tugas sebagai kepala sekolah, dan pendidik PAUD dengan total 2 juta orang selama pandemi virus corona.

Jika Anda merupakan PTK non-PNS yang ingin tahu apakah menjadi penerima BSU, bisa mengakses info GTK 2020 di laman info.gtk.kemdikbud.go.id.


Seberapa Penting Pengecekan GTK?

Money from Brazil. Notes of Real, Brazilian currency.Foto: Istockphoto/Vergani_Fotografia
Ilustrasi cara cek info GTK terbaru. Info GTK berfungsi sebagai validasi penerima tunjangan sertifikasi guru.

Data yang menyangkut info guru dan tenaga pendidik ini menjadi penting sebab merupakan acuan dalam pemberian aneka tunjangan yang ditujukan kepada guru dan tenaga kependidikan.

Secara bersamaan, hal ini menunjukkan pihak terkait untuk mengetahui dan membuktikan validitas data seorang guru atau tenaga kependidikan.

Status dari pembayaran aneka tunjangan untuk guru di tahun berjalan bisa dilihat bisa dilihat dari situs Kemendikbud yang ada.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan saat melakukan pengecekan GTK. Pertama tentang identitas sang guru atau PTK.

Kemudian perhatikan riwayat pangkat dari PTK, sebab bisa memengaruhi gaji pokok yang dibayarkan kepada sang guru setelah mempunyai sertifikat pendidik.

Lalu, periksa TMT tugas, TMT pengangkatan, dan sebagainya. Terakhir, pembagian tugas dan penempatan dari PTK maupun siswa dalam rombel alias rombongan belajar.

Cara Cek Info GTK 2020 Terupdate

info GTKFoto: Screenshot via web info.gtk.kemdikbud.go.id
Cara cek info GTK 2020 terbaru via website resmi

Cara cek info GTK 2020 bisa dilakukan dengan mengakses website resmi info GTK https://info.gtk.kemdikbud.go.id/, kemudian masukkan akun dan password yang sama dengan akun PTK. 

Akun ini biasanya akan dibuat oleh operator sekolah saat memasukkan data individu PTK di aplikasi Dapodik, namun bisa juga dilakukan secara langsung oleh guru atau tenaga pendidik.

Untuk membuka Info GTK, pastikan menggunakan akun PTK yang sudah diverifikasi.

Berikut langkah cek info GTK penerima BSU untuk guru dan tenaga pendidik:

  1. Login ke: info.gtk.kemdikbud.go.id
  2. Pilih 'Login Langsung ke GTK'
  3. Pastikan menggunakan email yang aktif dan tidak diperkenankan menggunakan email orang lain
  4. Masukkan akun dan password PTK pada Dapodik
  5. Setelah berhasil login, muncul informasi yang tertera nama bank penyalur maka Anda dinyatakan lolos sebagai penerima BSU.

Setelah dinyatakan lolos persyaratan menjadi penerima BSU, diimbau untuk segera melakukan pencairan di bank penyalur dengan membawa berkas dokumen yang dibutuhkan.


Cara Log In Akun Info GTK

ILUSTRASI BEKERJA DENGAN LAPTOPFoto: StartupStockPhotos/Pixabay
Ilustrasi cara cek info GTK terbaru. Cara Log In Akun Info GTK

Cara log in akun Info GTK adalah mengakses ke laman https://info.gtk.kemdikbud.go.id, setelah itu akan ada tiga lembar menu pilihan, yakni "Log in", "Regulasi Terkait GTK" dan "Info Sebelumnya". Berikut penjelasannya:

1. Lembaran Log In

Pada lembaran ini berisi lima kolom. Kolom pertama berisi "Account PTK pada Dapodik", kemudian yang kedua "Password PTK pada Dapodik" lalu di bawahnya ada chapta.

Selanjutnya ada pilihan menu "Log In" dan "Log In melalui Dapokdismen".

Jika sudah punya akun PTK pada Dapodik, masukkan username akun dan password lalu tekan "log in". Namun jika belum bisa, pilih menu "Log In melalui Dapokdismen".

2. Lembaran Regulasi Terkait GTK

Lembaran ini berisi empat informasi, yakni "Informasi Umum". "Undang-Undang Guru", "Peraturan Pemerintah", dan "Peraturan Menteri".

3. Info Sebelumnya

Lembaran ini berisi informasi GTK dari tiap periode tahun. Apabila terjadi masalah NIP atau NUPTK yang tidak ditemukan, biasanya akan berdampak pada status validasi tunjangan profesi guru menjadi "belum valid".

Seringkali masalah ini disebabkan oleh pencantuman data yang tidak konsisten. Akibatnya, aplikasi tidak dapat mengidentifikasi kesesuaian NIP dengan guru pemiliknya.

Jika terjadi hal seperti itu segera koordinasi dengan operator sekolah untuk melakukan penyesuaian data pada aplikasi Dapodik di sekolah masing-masing.

Jika guru mengajar di beberapa sekolah sekaligus, rajin-rajinlah mengecek kesesuaian data di semua sekolah tersebut yang diunggah ke Dapodik. Lalu perlu diperhatikan juga setiap melakukan pembaruan data untuk selalu konsisten.

Itulah cara cek info GTK 2020. Jika terjadi kendala laman lamban atau tidak bisa diakses, segera hubungi operator agar mendapat penanganan lebih lanjut.

(ndn/fef)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK