DKI Tetap Siapkan GOR untuk Isolasi Mandiri Pasien Covid-19

x, CNN Indonesia | Selasa, 15/09/2020 00:25 WIB
Pemprov DKI menyatakan ada 36 Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) di 44 kecamatan yang bisa digunakan sebagai ruang isolasi mandiri pasien Covid-19. Ilustrasi. (AP/Tatan Syuflana)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tetap menyiapkan Gelanggang Olahraga Remaja (GOR) sebagai salah satu tempat untuk isolasi pasien positif Covid-19. Saat ini, dari 44 kecamatan di Jakarta, 36 di antaranya memiliki GOR yang dapat digunakan sebagai tempat isolasi pasien Covid.

"Prinsip GOR milik Pemda sesuai arahan Pak Gubernur (Anies Baswedan) kita siapkan kalau memang mau dipakai isolasi mandiri," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta Achmad Firdaus saat dihubungi, Senin (14/9).

Namun begitu, Firdaus mengatakan, tidak semua GOR yang tersebar di lima wilayah Jakarta itu dapat digunakan sebagai tempat isolasi pasien Covid-19. Pasalnya, dari sejumlah GOR yang ada, beberapa di antaranya sudah digunakan sebagai tempat penampungan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan tempat untuk menyiapkan bantuan sosial (bansos).


Oleh karena itu, menurut dia, pihak Dispora DKI saat ini juga masih merinci jumlah GOR yang sekiranya dapat digunakan sebagai tempat isolasi. Selain 36 GOR di tingkat kecamatan, menurutnya, saat ini ada 5 GOR di tingkat kota yang dapat digunakan sebagai tempat isolasi.

"Secara prinsip, GOR-GOR kita selain dipakai untuk isolasi mandiri, kegiatan bansos ada, PMKS juga ada," jelas Firdaus.

"Jadi ya berharap, jangan sampai dobel. Kan GOR yang udah dipakai PMKS enggak mungkin kita pakai isolasi mandiri, GOR kita kan hampir tiap kecamatan ada, di tingkat kota juga ada," kata dia melanjutkan.

Firdaus menekankan bahwa pihak Dispora hanya bisa menyediakan GOR. Untuk fasilitas seperti tempat tidur dan alat kelengkapan lainnya perlu dukungan dari dinas-dinas terkait.

"Karena kita hanya punya indoor seperti itu, tidak ada kelengkapan lainnya. Mungkin perlu disesuaikan sama sekat-sekatnya kayak GOR Pademangan dan lainnya," ujar dia.

Sebelumnya, Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo melarang pemerintah provinsi DKI Jakarta menggunakan GOR untuk sebagai fasilitas isolasi mandiri pasien Covid-19.

Doni mengatakan, pemerintah telah menyediakan ruang di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran hingga hotel untuk isolasi pasien.

"Kita sampaikan pesan ke Gubernur DKI agar sementara tidak gunakan tempat-tempat, GOR, balai, yang mungkin kualitasnya tidak begitu memadai, sehingga kenyamanan masyarakat yang mendapat perawatan ini akan lebih maksimal," ucap Doni dalam konferensi pers usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo melalui akun Youtube Sekretariat Presiden.

(wis/wis)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK