Tower 5 Hampir Penuh, Wisma Atlet Buka Tower 4 untuk Isolasi

CNN Indonesia | Senin, 21/09/2020 13:32 WIB
RSD Wisma Atlet membuka tower 4 untuk mengisolasi pasien tanpa gejala seiring dengan kapasitas di tower 5 yang hampir penuh. RSD Wisma Atlet Kemayoran. (Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, membuka tower 4 atau menara bangunan tambahan untuk tempat isolasi pasien virus corona (covid-19), hari ini, Senin (20/9).

Tower ini merupakan flat isolasi mandiri yang ditujukan khusus untuk pasien covid-19 tanpa gejala atau OTG.

"Tower 4 untuk isolasi mandiri sejumlah 1.546 bed dan sejak tadi pagi kita sudah mulai memasukkan pasien, sudah siap," kata Koordinator RSD Wisma Atlet, Mayor Jenderal TNI Tugas Ratmono dalam agenda update RSD Wisma Atlet yang disiarkan melalui Youtube BNPB, Senin (21/9).


Awalnya, tower 4 baru akan dibuka bagi pasien OTG pekan depan. Namun pembukaan tower ini dipercepat seiring kondisi flat isolasi mandiri di tower 5 yang telah terisi 90 persen sejak 10 hari beroperasi.

Sejak beroperasi pada 11 September lalu, tempat tidur di tower 5 telah terisi sebanyak 1.497 dari kapasitas 1.570 pasien.

Sementara dua tower lain yakni tower 6 dan 7 yang digunakan untuk merawat pasien covid-19 dengan gejala sudah terisi 80 persen. Tercatat 582 tempat tidur belum terpakai dengan rincian 311 tempat tidur di tower 6 dan 271 tempat tidur di tower 7.

"Tower 6 dan tower 7 huniannya sudah 80 persen," ucapnya.

Lebih lanjut Tugas menjelaskan, bagi pasien OTG yang berminat menjalani masa isolasi di tower 4 tidak bisa datang secara spontan dan mandiri. Pasien tersebut harus mendapatkan rujukan terlebih dulu dari fasilitas kesehatan setempat.

Upaya itu, menurut Tugas, guna memudahkan petugas dan Dinas Kesehatan dalam mengawasi atau menelusuri kontak, serta pemetaan wilayah berdasarkan kecamatan di ibu kota.

"Dicek dari Puskesmas atau dari RS, mungkin dari sana ada rekomendasi bahwa mereka tidak bisa melakukan isolasi mandiri di rumah," ujar Tugas.

Tugas mengatakan, pasien yang menjalani isolasi mandiri di Wisma Atlet bakal mendapat kegiatan tambahan yang bersifat menghibur untuk meminimalisasi stres selama menjalani masa karantina.

"Selain penanganan dari sisi kesehatan, kami di sana ada namanya weekend psychology consultant dengan model virtual," kata dia.

Berdasarkan data media center RSD Wisma Atlet per Senin (21/9), secara keseluruhan 3.852 pasien positif covid-19 dirawat di tiga tower RSD Wisma Atlet.

Jumlah itu terdiri dari 2.355 pasien di tower 6 dan 7 bagi pasien bergejala ringan hingga sedang dan 1.497 pasien menempati tower 5 sebagai flat isolasi mandiri bagi pasien covid-19 berstatus OTG.

(psp/pris)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK