Ponakan Prabowo Bangun LRT di Tangsel Jika Menang Pilkada

CNN Indonesia
Rabu, 30 Sep 2020 22:57 WIB
Peserta Pilkada Tangsel, Rahayu Saraswati yakin LRT adalah solusi efektif untuk mengurai kemacetan. Calon wakil wali kota Tangsel Rahayu Saraswati ingin bangun LRT jika menang pilkada guna mengurai kemacetan (CNN Indonesia/Patricia Diah Ayu Saraswati)
Jakarta, CNN Indonesia --

Calon Wakil Wali Kota Pilkada Tangerang Selatan, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo mengungkapkan keinginannya membangun Light Rail Transit (LRT). Menurutnya, LRT bisa jadi solusi untuk mengurai kemacetan di Tangsel.

"Darat kita bicara LRT, sistem transportasi publik yang terintegrasi, dan juga jalur-jalur ramah sepeda," kata dia kepada CNNIndonesia.com, Rabu (30/9).

Sara menyebut pembangunan LRT adalah salah satu janjinya dalam memperbaiki sistem transportasi publik. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu menjelaskan LRT di Tangsel nantinya akan menyambung dari kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.


Ketimbang MRT, menurut Sara, pembangunan LRT paling mungkin dibangun di Tangsel selaku daerah penyangga Ibu Kota.

"Karena kalau MRT nggak masuk akal secara hitungannya, tapi kalau memang (pemerintah? pusat mau bangun silakan, kan gitu. Kalau misalkan dari Pemkot sendiri yang bisa kita lakukan adalah LRT-nya," ujar Sara.

Ia juga berencana membangun jalur-jalur ramah sepeda dan mengintegrasikan moda transportasi.

Sara mencatat saat ini setidaknya ada 150 titik kemacetan di Tangsel. Selain pembangunan LRT, sejumlah cara lain yang bakal ia lakukan untuk mengurangi titik-titik kemacetan dengan membangun fly over atau jalan layang di perlintasan kereta api.

Ia mengaku saat ini telah mencatat sejumlah akar persoalan kemacetan di Tangsel. Oleh sebab itu, Sara optimis bisa membangun sistem transportasi yang baik di Tangsel bila terpilih bersama Muhamad.

"Mudah-mudahan ada lebih banyak orang yang nyaman menggunakan transportasi publik, menekan angka penggunaan kendaraan pribadi, ya siapa tahu bisa jadi Amsterdam," katanya.

(thr/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER