Pilkada Jambi, Arena Ibu Tiri Zumi Zola Lawan Jenderal Polri

CNN Indonesia | Jumat, 02/10/2020 06:24 WIB
Ratu Munawaroh, yang merupakan ibu tiri Zumi Zola, akan berhadapan dengan Irjen Pol. Purn Syafril Nursal di Pilgub Jambi. Ibu tiri Zumi Zola, Ratu Munawaroh maju sebagai calon gubernur Jambi di Pilkada 2020 (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Pilkada Provinsi Jambi akan diwarnai pertarungan tiga pasangan calon yang telah dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU. Mereka adalah Cak Endra-Ratu Munawaroh, Fachrori Umar-Syafril Nursal dan Al Haris-Abdullah Sani.

Ratu Munawaroh merupakan ibu tiri dari artis yang juga mantan Gubernur Jambi Zumi Zola. Sementara Syafril Nursal adalah pensiunan Polri dengan pangkat terkahir inspektur jenderal.

Cak Endra-Ratu Munawaroh

Endra adalah politikus senior di Jambi yang kini tengah menjabat Bupati Sorolangun. Ia juga menjabat sebagai Ketua DPD Golkar Jambi periode 2020-2025.


Sementara wakilnya, Ratu Munawaroh, adalah politikus PDIP yang pernah berkarier di DPR. Endra-Ratu mendapat nomor urut 1. Mereka diusung oleh koalisi PDIP dan Golkar.

Ratu juga dikenal memiliki hubungan darah dengan dua Gubernur Jambi terdahulu.

Ia adalah istri dari Gubernur Jambi periode 1999-2004 dan 2005-2010, Zulfikli Nurdin. Ratu dikenal publik Jambi karena sering mendampingi sang suami bertugas ke masyarakat.

Ratu juga merupakan ibu tiri dari Zumi Zola. Zumi awalnya dikenal sebagai aktor sinetron. Dia memenangkan Pilbup Tanjung Jabung Timur pada 2011. Lalu Zumi menjadi Gubernur Jambi pada 2016.

Karier politik Zumi yang moncer cepat berakhir. Pada 2018, Zumi divonis bersalah dalam kasus suap APBD. Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat menjatuhkan hukuman enam tahun penjara kepada Zumi.

Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar memenuhi panggilan KPK terkait kasus suap pemulusan pengesahan APBD. Fachrori diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Asisten Daerah III Pemprov Jambi Saifudin. Jakarta, Kamis 4 Januari 2018. CNN Indonesia/Andry Novelino Plt Gubernur Jambi Fachrori Umar ikut pilkada menjadi calon petahana melawan ibu tiri dari Zumi Zola (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Fachrori-Syafril

Calon gubernur Fachrori Umar menggandeng purnawirawan polisi bernama Syafril Nursal sebagai wakilnya. Pasangan ini diusung Gerindra, PPP, Hanura, dan Demokrat dengan total 19 kursi DPRD Provinsi Jambi.

Fachrori adalah Wagub Jambi dua periode. Pada Pilkada Serentak 2015, ia mendampingi Zumi Zola sebagai wakil. Saat Zumi diciduk KPK, Fachrori pun naik takhta..

Sementara itu, Syafril Nursal adalah pensiunan polisi. Pangkat terakhirnya adalah Inspektur Jenderal dengan bintang dua di pundak. Di akhir masa baktinya, Syafril menjabat sebagai Kapolda Sulawesi Tengah.

Al Haris-Abdullah Sani

Haris adalah Bupati Merangin periode 2013-2018 dan 2018-2023. Haris merupakan kader Partai Golkar. Namun beberapa hari jelang pendaftaran pilkada, ia mundur dari partai beringin lalu mencalonkan diri sebagai calon gubernur Jambi.

Abdullah Sandi dikenal sebagai wakil wali kota Jambi periode 2013-2018. Seperti Haris, Sani awalnya adalah kader PDIP. Namun ia mengundurkan diri karena tak dapat rekomendasi dari partai berlogo banteng di Pilgub Jambi.

Paslon ini mengantongi dukungan dari tiga partai, yaitu PKB, PAN, dan PKS. Total kursi yang mereka miliki adalah 17 kursi.

Jambi adalah satu dari sembilan provinsi yang akan menggelar pilgub pada Pilkada Serentak 2020. KPU Provinsi Jambi mencatat 2.419.858 orang telah masuk dalam daftar pemilih sementara.

(dhf/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]