Pilkada Medan, Bobby dan Akhyar Berebut 1,6 Juta Pemilih

CNN Indonesia | Kamis, 29/10/2020 04:32 WIB
Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ditetapkan KPU Medan sebanyak 1,6 juta, 781.953 pria dan 819.048 wanita. Cawalkota Medan Bobby Nasution dan Akhyar Nasution bakal berebut suara dari 1,6 juta pemilih di Pilkada 2020 (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan/Farida)
Medan, CNN Indonesia --

Pasangan calon Pilkada Kota Medan, Sumatera Utara Akhyar Nasution-Salman Alfarisi dan Bobby Nasution-Aulia Rachman bakal berebut 1,6 juta pemilih. Pemungutan suara sendiri bakal digelar pada 9 Desember mendatang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan menyatakan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang berjumlah 1.601.001 itu sudah ditetapkan dalam rapat pleno terbuka.

"Angka DPT yang ditetapkan 1.601.001 pemilih dengan jumlah TPS 4.303, jumlah pemilih laki-laki 781.953 sedangkan perempuan 819.048," kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan Divisi Data Nana Miranti.


Nana menyebutkan jumlah DPT itu turun dari jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS), yakni 1.614.615 yang terdiri dari pemilih laki-laki 788.712 orang dan pemilih perempuan 825.903 orang dari 21 Kecamatan dengan total 4.299 TPS.

"Dalam DPT yang ditetapkan ini termasuk pemilih pemula yang hingga Desember 2020 genap usianya 17 tahun. Pasca-penetapan DPT masyarakat juga masih diperkenankan memberikan masukkan. Namun tidak mengubah rekap, tetapi menjadi catatan dalam tahap berikutnya," jelasnya.

Pada pemungutan suara nanti, pencoblosan tidak hanya dilakukan di tempat pemungutan suara (TPS), tetapi juga di rumah sakit khusus tempat merawat pasien virus corona.

KPU Medan memastikan pasien positif covid-19 yang menjalani diisolasi di rumah sakit maupun isolasi mandiri tetap bisa menggunakan hak pilihnya pada Pilkada yang digelar 9 Desember 2020 mendatang.

"Secara umum undang-undang memerintahkan kepada KPU untuk tetap memberikan hak suara kepada pasien Covid-19," kata Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Medan, M Rinaldi Khair.

Menurut Rinaldi tata cara pemungutan suara akan diatur lebih jauh di dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang dalam waktu dekat akan diterbitkan oleh KPU RI.

"Teknisnya diatur dalam PKPU pemungutan suara yang dikeluarkan di awal bulan depan oleh KPU RI," jelasnya.

Rinaldi mengatakan dari informasi yang diterimanya, pasien positif Covid-19 yang menjalani isolasi di rumah sakit akan didatangi oleh petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS).

"Bersama pengawas nanti petugas KPPS hadir ke rumah sakit dengan berpakaian alat pelindung diri (APD). Namun begitu petugas tetap harus berkoordinasi dengan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 dan pihak rumah sakit," sebutnya.

Begitu juga dengan pasien positif covid-19 yang menjalani isolasi mandiri. Petugas KPPS juga akan mendatangi langsung ke rumah pasien tersebut agar bisa menggunakan hak pilihnya.

"Makanya nanti di setiap TPS (Tempat Pemungutan Suara) akan disediakan baju hazmat. Jadi tetap akan kita lakukan sesuai protokol kesehatan," jelasnya.

Di Pilkada Medan, pasangan nomor urut 01, Akhyar Nasution - Salman Alfarisi hanya diusung Partai Demokrat dan PKS.

Mereka akan melawan pasangan nomor urut 02 Bobby Nasution - Aulia Rachman yang diusung 8 partai politik antara lain PDIP, Gerindra, Golkar, NasDem, PPP, PAN, Hanura, dan PSI.

(fnr/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK