Tahanan KPK Positif Covid Bertambah, Diisolasi ke Wisma Atlet

CNN Indonesia | Rabu, 13/01/2021 15:25 WIB
Tahanan KPK yang terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah dari semula 14 kini menjadi 19 orang. Semuanya menjalani isolasi mandiri di Wisma Atlet Kemayoran. Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengumumkan lima tahanan terinfeksi Covid-19 berdasarkan hasil tes usap atau swab test deteksi virus corona. Dengan begitu, hingga kini sudah ada total 19 tahanan KPK yang positif Covid-19.

"Dari hasil swab Polymerase Chain Reaction [PCR] kedua kalinya terhadap 10 orang tahanan di Rutan cabang KPK di Gedung Merah Putih, saat ini ada 5 orang tahanan yang juga terkonfirmasi positif Covid-19," terang Plt. Juru Bicara Penindakan KPK, Ali Fikri, Rabu (13/1).

Juru bicara berlatar belakang jaksa tersebut menerangkan, kelima tahanan akan dibawa ke Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat untuk mendapat perawatan dan isolasi mandiri.


"Selama di Wisma Atlet tetap dilakukan penjagaan dari tim pengawal tahanan KPK dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat," ujar Ali.

Ia pun mengatakan KPK selalu berupaya mencegah penularan Covid-19 di lingkungan kerja dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat baik untuk tamu maupun pegawai.

Penyemprotan desinfektan, tambah Ali, juga dilakukan secara berkala di seluruh ruang kerja baik pimpinan, dewan pengawas, pegawai dan Rutan KPK.

"Penyemprotan disinfektan dilakukan untuk seluruh area gedung, rutan cabang KPK termasuk ruang JPU KPK di PN Jakarta Pusat, setidaknya pada setiap akhir pekan, termasuk pada ruangan tertentu sesuai kebutuhan untuk dilakukan penyemprotan," imbuh dia lagi.

Sejumlah tenaga kesehatan dan non tenaga kesehatan menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 di Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran di Jakarta, Kamis (12/11/2020). Dalam peringatan tersebut Kementerian Kesehatan mengajak masyarakat untuk memperingatinya dengan gerakan tepuk tangan selama 56 detik, sebagai bentuk apresiasi kepada para tenaga kesehatan dan masyarakat yang melaksanakan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.Sejumlah tenaga kesehatan dan non-tenaga kesehatan menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-56 di Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran di Jakarta, Kamis (12/11/2020). (Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT)

Salah satu tahanan KPK yang terinfeksi Covid-19 adalah menantu eks Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi Abdurrachman, Rezky Herbiyono. Hal itu dibenarkan oleh pengacara Rezky, Maqdir Ismail.

"Pemberitahuan dari Rutan kepada kami begitu," ucap Maqdir saat dikonfirmasi.

[Gambas:Video CNN]

(ryn/NMA)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK