Potensi Hujan Ekstrem Besok, Jakarta Siaga Banjir

CNN Indonesia | Rabu, 24/02/2021 18:41 WIB
Hujan intensitas lebat diprediksi akan mengguyur wilayah DKI Jakarta mulai malam ini secara terus menerus hingga 25 Februari malam. BMKG menyatakan DKI Jakarta siaga banjir. Ilustrasi (CNN Indonesia/ Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan status siaga banjir di seluruh wilayah DKI Jakarta akibat hujan intensitas lebat hingga ekstrem.

Hujan intensitas lebat hingga ekstrem diprediksi akan mengguyur wilayah DKI Jakarta mulai malam ini secara terus menerus hingga 25 Februari malam.

"Khususnya untuk DKI yang perlu diwaspadai adalah hampir merata yaitu, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, siaga banjir," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, dalam konferensi pers virtual, Rabu (24/2).


Dampak banjir akibat hujan lebat juga akan dirasakan serempak di beberapa wilayah lainnya. BMKG meminta masyarakat terus waspada dan memantau perkembangan status daerahnya melalui BMKG.

Masyarakat juga diminta menyelamatkan barang penting ke tempat aman, membatasi aktivitas di luar rumah, menyiapkan tas siaga berisi makanan, minuman, obat, uang, pakaian, dan dokumen berharga, dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sementara pemerintah daerah setempat diminta mengambil langkah antisipasi dan kesiapsiagaan.

"Bagi pemerintah dapat diambil langkah antisipasi dengan memantau kondisi terkini lapangan, melakukan koordinasi dengan stakeholder dalam mobilisasi tim siaga bencana dan sumberdaya, menyiapkan tempat pengungsian, dan membantu evakuasi kelompok rentan," ujarnya.

Berikut daerah status siaga banjir:

1. DKI Jakarta: Kota Jakarta Selatan, Kota Jakarta Timur, Kota Jakarta Pusat, Kota Jakarta Barat, kota Jakarta Utara

2. Banten: Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Cilegon, Kota Serang

3. Jawa Barat: Bogor, Kota Depok, Indramayu, Bekasi, Kota Bekasi

4. Jawa Tengah: Kendal, Kota Semarang, Batang, Pekalongan, Pemalang, Tegal, Kota Pekalongan, Brebes, Kota Tegal

Sebelumnya, BMKG memprediksi hujan intensitas lebat hingga ekstrem melanda DKI secara terus menerus mulai dini hari ini hingga esok. Selain DKI Jakarta, BMKG juga meminta wilayah Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Bodetabek) untuk mewaspadai hujan intensitas lebat-ekstrem yang diprediksi akan turun mulai Rabu malam ini.

(mln/fra)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK