SATU TAHUN CORONA DI INDONESIA

Peristiwa Penting Satu Tahun Pandemi Covid-19

CNN Indonesia | Selasa, 02/03/2021 14:40 WIB
Selama setahun pandemi virus corona melanda Indonesia, Jokowi menerapkan berbagai kebijakan demi menurunkan kasus Covid-19. Ruang isolasi hijau Rumah Sakit darurat COVID-19 di Sekolah Calon Perwira Angkatan Darat (Secapa AD), Hegarmanah, Bandung, Jawa Barat, Selasa (12/1/2021). (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)
Jakarta, CNN Indonesia --

2 Maret 2020. Presiden Joko Widodo secara resmi mengumumkan untuk pertama kalinya warga negara Indonesia terjangkit virus corona.

Sita Tyasutami adalah pasien 01 yang kemudian dirawat bersama ibu dan kakaknya di Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta Utara. Mereka diduga terpapar dari warga negara Jepang yang berkunjung ke Indonesia.

Jauh sebelumnya, kasus pneumonia misterius di Wuhan, China, telah dilaporkan ke Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada 31 Desember 2019. Kasus itu kemudian teridentifikasi berasal dari virus corona baru, 2019-nCov.


Virus itu kemudian menyebar ke beberapa negara, di antaranya Jepang, Amerika Serikat, Prancis, dan Mesir. Pada 11 Februari 2020, WHO memberi nama penyakit akibat virus itu sebagai Covid-19.

Saat dunia was-was dengan penyebaran virus corona, sejumlah menteri dan wakil presiden RI justru menganggap enteng. Mereka menyatakan virus corona tak bisa masuk ke Indonesia karena perizinan berbelit, masyarakat kebal lantaran suka makan nasi kucing, hingga virus corona takut dengan doa kunut.

Penerapan PSBB

Memasuki Maret, pemerintah mulai sibuk. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dibuat melalui Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020. DKI Jakarta adalah provinsi pertama yang menerapkan PSBB pada 10 April.

Selama PSBB diterapkan, kegiatan belajar dan bekerja dilakukan dari rumah. Tempat ibadah ditutup. Kegiatan perkumpulan seperti acara hiburan, olahraga, pertemuan politik dan budaya dilarang. Transportasi pun dibatasi jarak dan penumpangnya. Termasuk ojek online yang hanya diizinkan membawa barang.

Insert Artikel Pembatasan Kegiatan Saat PSBBInsert Artikel Pembatasan Kegiatan Saat PSBB. (CNN Indonesia/Basith Subastian)

Masker dan APD Langka

Masker sempat menjadi barang langka di awal-awal virus corona mewabah di Indonesia. Harganya pun melambung tinggi.

Satu pak masker N95 berisi 20 lembar yang mulanya Rp195 ribu melonjak jadi Rp1,7 juta. Sementara, masker earloop merek Sensi naik menjadi Rp85 ribu per pak dari harga sebelumnya Rp18 ribu. Kenaikan harga juga terjadi pada hand sanitizer.

Kelangkaan ini mendorong inisiatif warga gotong royong menggalang solidaritas bagi-bagi masker maupun cairan pencuci tangan.

Barang lainnya yang sulit didapat adalah alat pelindung diri (APD) bagi tenaga kesehatan. Tak jarang perawat maupun dokter menggunakan jas hujan sebagai pengganti hazmat.

Larangan Mudik

Di tengah kasu Covid-19 yang terus meningkat, pemerintah mengeluarkan larangan mudik Lebaran 2020. Awalnya larangan itu hanya berlaku bagi pegawai negeri sipil hingga anggota TNI dan Polri. Namun kemudian Jokowi melarang semua kalangan untuk mudik.

Larangan itu seolah tak dihiraukan. Jutaan orang justru berbondong-bondong keluar dari Jabodetabek. Jokowi pun berkilah bahwa mereka bukan mudik, tapi pulang kampung. Usai Lebaran, angka kasus Covid-19 melonjak hingga kerap menembus rekor.

Wacana New Normal

Pemerintah mulai memperkenalkan istilah new normal atau hidup dalam kenormalan baru pada akhir Mei 2020. Namun definisi ini justru diartikan bahwa kondisi telah kembali normal.

Transisi menuju new normal juga ditandai dengan pelonggaran aktivitas masyarakat. Bahkan kapasitas penumpang di semua moda transportasi juga ditambah. Kebijakan ini kemudian malah membuat pandemi di Indonesia makin berlarut-larut.

Jelang New Normal kemacetan sudah terjadi di jalan Mampang Prapatan. Jakarta Selatan. Selasa (02/6/ 2020). Pemerintah masih memberlakukan PSBB sampai dengan tanggal 4 Juni 2020. CNN Indonesia/Andry Novelino)Jelang New Normal kemacetan sudah terjadi di jalan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Selasa (02/6/ 2020). (CNN Indonesia/Andry Novelino)

Gas Rem PSBB hingga PPKM Mikro

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK