Anggota DPR Disuntik Vaksin Nusantara di RSPAD Hari Ini

CNN Indonesia | Rabu, 14/04/2021 09:44 WIB
Beberapa anggota DPR akan disuntik Vaksin Nusantara, vaksin yang belum diberi izin uji klinis oleh BPOM, di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, hari ini. Ilustrasi vaksinasi. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Sejumlah anggota DPR akan disuntik Vaksin Nusantara di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta pada hari ini, Rabu (14/4).

Salah satu anggota dewan yang memastikan diri akan ikut serta dalam penyuntikan Vaksin Nusantara ialah Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Golkar, Melki Laka Lena.

Ia menyatakan akan menjalani pengambilan sampel darah sebagai rangkaian dari proses untuk menerima Vaksin Nusantara bersama istrinya.


"Betul [di RSPAD]," kata Melki kepada CNNIndonesia.com, Selasa (13/4).

Dia menerangkan sejumlah anggota dewan dari komisi lain di DPR juga akan ambil bagian dalam penyuntikan Vaksin Nusantara pada hari ini. Namun, Melki mengatakan belum mengetahui secara pasti jumlahnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun CNNIndonesia.com, sosok lain yang akan ikut menerima Vaksin Nusantara ialah Wakil Ketua DPR dari Fraksi Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad.

Namun, Dasco tidak merespons saat dimintai konfirmasi hingga berita ini diturunkan.

Lebih lanjut, Melki menyatakan izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang belum keluar terhadap Vaksin Nusantara tak jadi masalah. Menurutnya, Vaksin Sinovac yang belum melewati uji klinis tahap III saja sudah disuntikan ke masyarakat.

"Ya enggak ada masalah. BPOM dengan keyakinannya dan juga BPOM sudah kasih masukan untuk peneliti, dan sudah diperbaiki," katanya.

Diketahui, Vaksin Nusantara sampai saat ini belum mendapatkan izin uji klinis fase II dari BPOM.

Kepala BPOM Penny Lukito sempat mengungkapkan bahwa vaksin Nusantara tidak sesuai pharmaceutical grade dalam komponen dan proses penelitiannya.

Selain itu, BPOM menilai bahwa komponen yang digunakan kebanyakan impor, sehingga tidak sesuai dengan klaim vaksin karya anak bangsa.

Meski begitu, Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie alias Ical sudah menerima vaksin yang digagas mantan Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto pada akhir pekan kemarin.

Dalam sebuah video yang sudah dikonfirmasi, Ical menunjukkan sebuah plastik transparan. Ia menyatakan melaksanakan proses penyuntikan menggunakan vaksin Nusantara.

"Ini vaksin Nusantara, saya pertama kali, Insyallah berhasil," kata Aburizal dalam video tersebut.

Juru Bicara Ical, Lalu Mara Satria Wangsa membenarkan bila Ical sudah melakukan vaksinasi menggunakan Vaksin Nusantara. "Iya benar. Sekitar Minggu kemarin. Di RSPAD [Gatot Subroto]," kata dia.

(mts/arh)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK