UPDATE CORONA 4 MEI

Kasus Positif Bertambah 4.369, Total 1.686.373

CNN Indonesia | Selasa, 04/05/2021 17:38 WIB
Pemerintah pusat dan daerah masih terus berupaya menanggulangi pandemi virus corona di tanah air. Ilustrasi tim medis khusus penanganan virus corona di Indonesia (ANTARA FOTO/FAUZAN)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kasus positif virus corona (Covid-19) pada hari ini, Selasa (4/5) bertambah 4.369 dari hari sebelumnya. Dengan demikian, total kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi 1.686.373 sejak pertama kali diumumkan Presiden Joko Widodo pada awal Maret 2020 lalu.

Merujuk data Satgas Penanganan Covid-19 pemerintah pusat, dari total kasus positif yang ada, sebanyak 1.541.149 di antaranya telah sembuh. Jumlah pasien sembuh bertambah 5.658 dari hari sebelumnya.

Dari total kasus positif, sebanyak 46.137 di antaranya meninggal dunia. Pasien yang meninggal dunia usai terinfeksi virus corona bertambah 188 dari hari sebelumnya. Jumlah spesimen yang diperiksa sebanyak 75.885. Kasus aktif berkurang 1.477, kini hanya ada 99.087.


Sejauh ini, pemerintah pusat dan daerah masih terus berupaya menanggulangi pandemi virus corona dan dampaknya. Berbagai kebijakan telah diterapkan. Mulai dari pembatasan kegiatan masyarakat, larangan mudik lebaran, program vaksinasi, hingga pemberian stimulus kepada warga serta pelaku usaha yang ekonominya terdampak.

Seperti tahun lalu, pemerintah pusat kembali melarang warga mudik atau pulang ke kampung halaman untuk memperingati Idulfitri. Masih didasari kekhawatiran yang sama, yaitu potensi lonjakan kasus positif virus corona.

Pembatasan kegiatan masyarakat juga masih diterapkan di sejumlah daerah. Khususnya wilayah dengan risiko tinggi penularan virus corona. Kini pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro yang diterapkan pemerintah daerah.

Mengenai vaksinasi, pemerintah terus berupaya agar masyarakat berperan dan mau diberi suntikan vaksin. Program vaksinasi ditujukan untuk menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity. Targetnya, 188 juta penduduk memperoleh suntikan vaksin.

Terbaru, pemerintah menyatakan varian baru virus corona dari negara lain sudah terdeteksi di Indonesia. Mutasi virus corona baru yang dimaksud itu berasal dari India dan Afrika Selatan. Diketahui, kasus positif virus corona di India tengah melonjak tinggi, hingga membuat Indonesia melarang WNA dari India masuk Indonesia.

Sejauh ini Kementerian Kesehatan juga mulai mempersiapkan diri menghadapi lonjakan kasus Covid-19. Kesiapan rumah sakit, keadaan bahan medis serta tenaga kesehatan tengah dicek.

(bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK