UPDATE CORONA 15 MEI

Rangkuman Covid Hari Ini: Pingpong Virus, Tempat Wisata Padat

CNN Indonesia | Sabtu, 15/05/2021 18:29 WIB
Perkembangan penanganan Covid-19 per Sabtu (15/5) mencakup peringatan soal 'pingpong' Virus Corona hingga kepadatan di tempat wisata. Ilustrasi arus balik lebaran. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalismaa)
Jakarta, CNN Indonesia --

Penularan virus corona (Covid-19) tak mengenal hari libur maupun hari raya keagamaan. Dalam 24 jam terakhir, kasusnya bertambah 2.385 orang.

Jumlah itu menambah total kasus Covid aktif di Indonesia menjadi 91.636 kasus.

Selain angka penambahan kasus, CNNIndonesia.com turut merangkum sejumlah peristiwa berkaitan dengan perkembangan covid-19 di Indonesia dalam 24 jam terakhir. Yakni sebagai berikut:


'Pingpong' Corona Jawa-Sumatera

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Doni Monardo menyatakan pihaknya mengantisipasi teori 'ping-pong' penyebaran virus corona antara Pulau Jawa dan Sumatera akibat arus mudik dan balik imbas libur Lebaran 2021.

Doni khawatir warga yang pulang kampung lebih awal berpotensi membawa balik virus ketika pulang ke kota asal. Terlebih, Pulau Sumatera mengalami lonjakan kasus aktif Covid-19 dalam satu bulan terakhir.

"Kami perlihatkan bahwa betul Sumatera mengalami tren kenaikan selama satu bulan terakhir ini. Sementara di Jawa angkanya relatif landai. Kami tidak ingin teori ping-pong ini terjadi," kata Doni.

Tak heran Doni menyatakan kekhawatirannya sedemikian rupa. Pasalnya, data yang dirilis oleh PT ASDP Indonesia Ferry, menyebut total ada 440.014 orang bergerak dari Merak menuju Bakauheni Lampung. Mereka diprediksi kembali ke Pulau Jawa dalam waktu yang hampir bersamaan.

Tempat Wisata Dipadati Warga

Pengunjung di sejumlah kawasan wisata di Indonesia terlihat masih dipadati oleh warga pada H+3 Lebaran kali ini.

Pada Sabtu (15/5) pagi, kepadatan warga terlihat di pintu masuk Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan. Puluhan aparat dari TNI, Polri, dan Satuan Pramong Praja (Satpol PP) berjaga di sekitar pintu masuk utama dan pintu masuk area Ragunan.

Sehari sebelumnya atau Jumat (14/5) tercatat jumlah pengunjung Taman Margasatwa Ragunan mencapai 7.536 orang.

Tak hanya itu, Taman Impian Jaya Ancol juga membenarkan sebagian pengunjung diizinkan memasuki kawasan wisata tersebut di tengah penutupan sementara. Pengelola menuturkan alasan pembukaan untuk sebagian pengunjung mengurai kerumunan pengunjung yang sudah terlanjur berada di lokasi.

Selain itu, arus lalu lintas di ruas tol Tangerang-Merak (Tamer) terpantau dialihkan imbas kemacetan parah menuju Pantai Anyer, Banten.

Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo sudah mengimbau agar Satgas Covid-19 di daerah menutup kawasan wisata yang berpotensi jadi pusat penularan virus corona pada periode libur lebaran kali ini.

"Bahkan, bila perlu apabila membahayakan keselamatan masyarakat lebih baik ditutup saja," kata Doni.

Puncak Arus Balik

Pihak kepolisian memperkirakan puncak arus balik hari libur Idulfitri atau lebaran 2021 ke wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi akan terjadi pada hari ini Sabtu (15/5) dan Minggu (16/5) esok.

Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Istiono memprediksi sekitar 1,5 juta pemudik akan kembali di wilayah Jabodetabek. Hal itu berdasarkan data 1,5 juta warga di Jabodetabek yang melakukan perjalanan versi Kementerian Perhubungan.

Istiono mengatakan pihaknya akan mengalihkan truk-truk besar bersumbu tiga ke jalur arteri demi memperlancar arus balik. Pengalihan itu akan dilakukan mulai dari Semarang, Jawa Tengah sampai Jakarta.

Insert Artikel - Waspada Virus CoronaInsert Artikel - Waspada Virus Corona. (Foto: CNN Indonesia/Fajrian)

"Ini yang perlu dikelola perjalanan balik ke Jabodetabeknya, oleh karenanya kita antisipasi mobilisasi kendaraan roda empat dan roda dua di jalur tol dan arteri," kata dia.

Tak hanya itu, Istiono juga telah menyiapkan 109 titik pemeriksaan untuk mengantisipasi arus balik. Titik itu akan digunakan untuk melakukan tes antigen secara acak bagi warga yang kembali ke Jabodetabek.

KAI Commuter Line akan Tes Antigen Acak

PT KAI Commuter Line menggelar tes antigen Covid-19 secara acak kepada para pengguna KRL di masa libur Lebaran, mulai hari ini Sabtu (15/5) hingga Minggu (16/5) esok.

VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba mengatakan, tes itu dilaksanakan di empat stasiun yang jumlah penggunanya cukup tinggi selama masa libur Lebaran. Di antaranya Stasiun Manggarai, Bogor, Bekasi, dan Tangerang.

Tes antigen secara acak itu akan dilakukan sebelum pengguna bertransaksi untuk membeli tiket ataupun tap masuk di gate elektronik stasiun.
Jumlah Kasus Covid RI

Update Corona

Data harian yang dirilis Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyatakan ada penambahan kasus positif virus corona baru sebanyak 2.385 orang pada hari ini, Sabtu (15/5).

Sementara untuk kasus sembuh terdapat penambahan sebanyak 4.181 kasus dan kasus meninggal 144 kasus baru.

Secara kumulatif, sebanyak 1.736.670 orang dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Dari jumlah itu sebanyak 1.597.067 orang dinyatakan sembuh. Sementara 47.967 lainnya meninggal dunia.

(rzr/arh)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK