Polisi Tangkap Pria di Kepri Diduga Hina Jokowi di Medsos

CNN Indonesia | Senin, 17/05/2021 15:09 WIB
Seorang warga Tanjungpinang, Kepri, ditangkap karena diduga menghina Jokowi di Twitter. Melalui akun yang dibuat pada Maret 2021, ia menyebarkan berita bohong. Foto ilustrasi penangkapan. (Istockphoto/BrianAJackson)
Jakarta, CNN Indonesia --

Polda Kepulauan Riau (Kepri) menangkap seorang warga Tanjungpinang, Mustafa Kamal, lantaran diduga menghina Presiden Joko Widodo di media sosial Twitter.

Penangkapan itu berdasarkan laporan polisi nomor LP-A/42/V/2021/SPKT-KEPRI tertanggal 12 Mei 2021.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Harry Goldenhardt mengatakan Kamal ditangkap tim Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Kepri di supermarket wilayah Tanjungpinang pada Rabu (12/5).


"Pelaku membuat postingan berupa konten dan diunggah pada 8 Mei 2021. Dalam akun Twitter itu, pelaku MK menyebarkan kabar hoaks dan SARA," kata Goldenhardt dalam keterangan tertulis, Senin (17/5).

Dalam hal ini, polisi merujuk pada akun @MustafaKamalN13. Akun itu baru dibuat pemiliknya pada Maret 2021. Menurut Goldenhardt, akun tersebut kerap menyebarkan berita bohong terkait Jokowi.

Kemudian, kata dia, salah satu unggahan yang dilaporkan ialah berkaitan dengan umpatan yang dilontarkan oleh pemilik akun terhadap Jokowi. Dia mengumpamakan Jokowi dengan seekor binatang.

"Dalam unggahannya, pelaku membagikan dan menyebarkan berita hoax serta SARA tentang Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Mengetahui itu, tim Opsnal Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Kepri melakukan penyelidikan hingga 12 Mei kemarin sekitar pukul 13.00 WIB pelaku diamankan," ucapnya.

Usai ditangkap, polisi membawa Mustafa ke Polda Kepri untuk menjalani pemeriksaan secara intensif. Selama penangkapan, polisi mengamankan sejumlah barang bukti berupa satu unit handphone, sim card, dan akun Twitter atas nama Tiger Andalas yang diduga milik pelaku.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 45A ayat 2 UU No 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Akun Twitter @MustafaKamalN13 sendiri tak bisa langsung diakses saat CNNIndonesia.com mencoba membukanya pada Senin (17/5) sekitar pukul 14.05 WIB.

Akun tersebut terestriksi lantaran terdapat aktivitas dan biasa yang dilakukan oleh akun tersebut. Pengguna Twitter harus mengklik sebuah tombol persetujuan untuk mengakses profil akun itu.

(mjo/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK