BOR Sudah 80 Persen, Wagub Banten Klaim Masih Zona Oranye

CNN Indonesia | Senin, 21/06/2021 11:54 WIB
Keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di Banten, yang juga menampung pasien luar daerah, sudah menyentuh angka 80 persen. Ilustrasi ketersediaan tempat tidur untuk pasien Covid-19. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Serang, CNN Indonesia --

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy mengakui daerahnya berstatus zona oranye di saat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) sudah melebihi angka 70 persen.

Hal itu ia laporkan dalam rapat secara virtual bersama DKI Jakarta, Jabar, Jateng, Jatim, DI Yogyakarta, Kalbar dan Kepri, Minggu (20/6). Rapat juga dihadiri Kemensesneg, Kemendagri, Kemenkeu, Kemenkes, Seskab, TNI, Polri, BNPB dan Stafsus Presiden Ati Dwipayana.

Menurutnya, BOR ruang perawatan intensif (ICU) per 19 Juni mencapai 78,57 persen atau 350, tersisa 75 ruangan atau 21,43 persen. Kemudian, BOR isolasi terpakai 2.786 atau 80,87 persen dan tersisa sebanyak 659 atau 9,23 persen.


"Terjadi peningkatan angka BOR, baik untuk ruang ICU, ruang isolasi maupun rumah singgah," kata Andika Hazrumy, melalui rilis resminya, Senin (21/6).

Andika mengakui dalam satu bulan terakhir atau pasca-lebaran terjadi peningkatan kasus Covid-19. Kemudian ditemukan varian baru corona dengan potensi penularan tinggi.

"Pada awal Mei lalu, tingkat penularan kasus rendah sampai dengan satu minggu pasca Idul Fitri," ucap dia, yang merupakan anak dari terpidana kasus korupsi yang juga eks Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.

"Kami melaporkan perkembangan terakhir di Banten bahwa kabupaten kota di Banten kembali masuk zona oranye," lanjut Andika. 

Kepala Dinas Kesehatan Banten Ati Pramudji Astuti menyebut daerahnya mengalami peningkatan kasus positif harian tertinggi selama pandemi di Banten, Sabtu (19/6), dengan 392 kasus. Sehingga, warga Banten yang terpapar corona selama pandemi totalnya kala itu ada 53.487.

Kemudian dalam perawatan sebanyak 2.619, pasien sembuh ada 49.498 dan meninggal berjumlah 1.370 orang.

"Iya [penambahan kasus tertinggi selama pandemi]," kata dia, Senin (21/6).

Terpisah, bed di RSUD Kota Serang baru terisi satu dari total 13 tempat tidur. Kemudiann ICU/HCU terisi tiga dan tersisa tiga. Kemudian rawat inap di lantai dua, terisi lima dan kosong 28. Selanjutnya, ruang rawat inap di lantai tiga, terisi tiga dan kosong 14 kamar.

"Tingkat keterisian bed di RSUD 10 persen. Yang jelas bed kita masih tersedia untuk pasien Covid-19 dari Kota Serang," kata Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Kota Serang Hari Pamungkas, Senin (21/6).

RSUD Kota Serang juga menerima limpahan empat pasien Covid-19 dari Jakarta dan Jawa Barat.

"Sebagai bentuk kemanusian. Ada tiga dari Purwakarta dan satu dari DKI Jakarta. Hasil koordinasi lintas daerah," kata 

Sementara itu, Trans Hotel Cilegon, Banten, kebanjiran pasien yang akan melakukan isolasi mandiri. Seluruh kamar yang berjumlah 41 sudah terisi penuh.

Bahkan masih banyak pasien isolasi mandiri (isoman) yang mengantri untuk dibawa ke hotel yang di sewa khusus oleh Pemkot Cilegon. Pasien yang akan melakukan isoman, harus mendaftar terlebih dahulu dan menunggu hingga ada kamar yang kosong.

Insert Artikel - Waspada Virus CoronaInsert Artikel - Waspada Virus Corona. (Foto: CNN Indonesia/Fajrian)

"Kamar yang kosong kita infokan mereka (Puskesmas). Udah overload sekarang, 41 kamar yang kami miliki semuanya terisi semua. Kalaupun ada pasien yang mau masuk itu harus waiting list dulu sampai ada pasien pulang," kata Penanggung Jawab Trans Kota Cilegon, dr Muhamad Arif Gunawan, Senin (21/06/2021).

Penuhnya kamar Trans Hotel Cilegon sebagai tempat isoman sudah terjadi sejak beberapa hari lalu. Pasien yang masuk setelah dilakukan pemeriksaan oleh tenaga kesehatan (nakes) dari Satgas Covid-19 Kota Cilegon.

"Kami berharap kesadaran masyarakat bisa lebih ditingkatkan agar pandemi covid-19 bisa diatasi," jelasnya.

(ynd/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK