Lonjakan Kasus Covid, Megawati Ajak Warga Disiplin Prokes

CNN Indonesia | Selasa, 22/06/2021 00:36 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengamini semua orang bosan, tetapi lebih baik disiplin protokol kesehatan ketimbang terjangkit Covid-19. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengajak masyarakat memperkuat kedisiplinan diri mematuhi protokol kesehatan dalam menghadapi pandemi Covid-19 (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri mengajak masyarakat memperkuat kedisiplinan diri dalam menghadapi pandemi Covid-19. Jangan sampai melanggar aturan hanya karena bosan dengan situasi pandemi Covid-19.

Megawati menyampaikan itu saat berpidato di peresmian kompleks rumah adat atau baileo, monumen, dan jalan Ir. Soekarno, di Masohi, Maluku Tengah, secara virtual pada Senin (21/6).

"Kalau saya tanya, sudah bosan bu. Siapa yang tak bosan? Tapi apakah karena kita bosan maka boleh melanggar aturan, yang sebenarnya juga baik dari sisi kesehatan," kata Megawati.


Ia mengaku telah menerima informasi bahwa terjadi kenaikan angka penderita Covid-19 di 10 provinsi, termasuk di Jawa Tengah dan DKI Jakarta. Menurut Megawati, lonjakan kasus itu semua bisa lantaran warga kurang disiplin menjalankan protokol pencegahan Covid-19.

Megawati sendiri mengaku sudah tidak beraktivitas di luar rumah selama 1,5 tahun. Menurutnya, langkah itu ia lakukan demi menjaga kesehatan.

"Saya sendiri di lockdown oleh anak-anak saya. Tak boleh kemana-mana, sudah 1,5 tahun. Makanya mayoritas saya webinar terus. Saya sebenarnya ingin ke Masohi, tapi bagaimana lagi? Kan demi menjaga kesehatan," kata Megawati.

Megawati mengatakan bahwa berada di rumah tak menghalangi produktivitas diri. Ia mengaku tetap bisa produktif meski hanya menghadiri berbagai kegiatan partai secara via internet

"Tetap bisa produktif. Saya sudah menjalani 103 webinar kegiatan partai," ujar Megawati.

Selain memperkuat kedisiplinan, Megawati juga meminta agar gotong royong dilakukan dengan menguatkan rasa kemanusiaan. Menurutnya, sesama masyarakat harus melakukan tindakan nyata dengan berbagi demi meringankan beban saudara-saudara yang membutuhkan.

"Mari bergotong royong mengatasi pandemi dan saling mengingatkan untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan," kata Megawati.

Diketahui, kasus konfirmasi positif Covid-19 harian di Indonesia bertambah hingga 14.536 hari ini, Senin (21/6).

Angka ini merupakan jumlah kasus harian tertinggi selama pandemi Covid-19 berlangsung di Indonesia. Tambahan kasus tersebut juga membuat total kasus positif Covid-19 tembus 2 juta orang

(mts/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK