9 Pasien Covid Varian Delta dari Bangkalan Dinyatakan Sembuh

CNN Indonesia | Kamis, 24/06/2021 15:05 WIB
Sebanyak 9 pasien Covid varian Delta klaster Bangkalan di RSLI Surabaya dinyatakan sembuh. Masyarakat diminta tidak takut namun tetap waspada. Mural waspada virus corona. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Surabaya, CNN Indonesia --

Sebanyak sembilan pasien Covid-19 varian B16172 Delta dari Klaster Bangkalan, Madura, yang dirawat di rumah sakit darurat Covid-19 atau Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya, dinyatakan sembuh dan terkonversi negatif.

Kabar baik ini disampaikan oleh Penanggung jawab RSLI dr I Dewa Gede Nalendra Djaya Iswara. Ia mengatakan dari sembilan pasien itu, satu diantaranya sempat dirujuk ke RSUD Bojonegoro. Sedangkan delapan lainnya tetap dirawat di RSLI.

"Sesuai KMK mereka telah menjalani perawatan lebih dari 10 hari dan dengan swab PCR dua kali negatif mereka dinyatakan sembuh," kata Nalendra, Kamis (24/6).

Semua pasien yang terkonfirmasi terinfeksi varian B16172 tersebut sudah dinyatakan sembuh dan bisa pulang


Dua pasien, kata dia, bisa pulang setelah menjalani 14 hari perawatan. Sedangkan lainnya pulang setelah 15 dan 16 hari penanganan dan pengobatan di RSLI.

"Dengan demikian semua pasien varian baru Delta India yang dirawat di RSLI sudah sembuh dan pulang ke rumah," ucapnya.

Meski begitu, masing-masing pasien yang telah dinyatakan sembuh itu masih harus menjalani isolasi mandiri 3-5 hari di rumah, untuk memastikan kondisinya baik, tak ada gejala susulan serta memulihkan kondisi tubuh.

Selama menjalani isolasi mandiri tambahan, mereka dimonitor oleh PKM dan Dinkes setempat serta mendapatkan dampingan dari Relawan Pendamping PPKPC-RSLI untuk membantu mengatasi permasalahan non-medis pasca pemulangan.

Dengan keberhasilan penanganan pasien varian baru di RSLI, Nalendra menyatakan bahwa masyarakat tidak perlu terlalu takut dengan varian baru. Namun, harus tetap menjalankan protokol kesehatan ketat.

"Masyarakat tidak perlu terlalu takut dengan varian baru, namun demikian harus tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat, baik dan benar," pungkas dia.

Kini, kapasitas RSLI yang berjumlah 410 bed, per 24 Juni telah terisi sebanyak 291 orang. Namun jumlah itu diperkirakan akan segera bertambah karena jumlah daftar tunggu pasien telah ada 113 orang.

(frd/wis)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK