Syarat dan Cara Mengakses Booster Vaksin Covid-19 di Bali

CNN Indonesia
Selasa, 25 Jan 2022 04:53 WIB
Seiring kebijakan pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Bali memprioritaskan vaksinasi booster dengan beberapa target spesifik, salah satunya adalah lansia. Petugas menyuntikkan vaksin Moderna kepada tenaga kesehatan yang menjalani vaksinasi COVID-19 dosis ketiga di Rumah Sakit Bali Mandara, Denpasar, Bali, Rabu (4/8/2021). (ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo)
Denpasar, CNN Indonesia --

Seiring kebijakan pemerintah pusat, Pemerintah Provinsi Bali pun memprioritaskan vaksinasi booster Covid-19 dengan beberapa target spesifik salah satunya adalah lansia di wilayah tersebut.

"Vaksinasi booster diberikan secara gratis, untuk masyarakat usia 18 tahun ke atas dengan prioritas sasaran lansia dan penderita imunokompromais, dan telah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap minimal 6 bulan sebelumnya," kata Plt Kapala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, I Made Rentin dalam keterangan tertulisnya, Senin (24/1).

Ia menyampaikan, bagi kelompok prioritas vaksinasi booster yang telah divaksinasi dua kali, bisa mengecek tiket dan jadwal vaksinasi di Aplikasi Pedulilindungi.


"Masyarakat yang termasuk dalam sasaran prioritas ini disarankan rutin mengecek Aplikasi Pedulilindungi untuk memastikan apakah sudah menerima tiket dan jadwal vaksinasi booster atau belum," ujar Made Rentin.

"Apabila tiket dan jadwal tidak muncul di aplikasi Pedulilindungi, masyarakat yang masuk kategori sasaran prioritas vaksin booster bisa datang langsung ke fasyankes maupun sentra pelayanan vaksinasi terdekat dengan membawa KTP dan bukti vaksinasi dosis 1 dan 2," jelasnya.

Untuk kekurangan atau kesalahan yang terjadi seperti belum menerima sertifikat vaksin usai diinjeksi, kesalahan data di kartu vaksin, dll, masyarakat bisa menyampaikan kendala yang dihadapi melalui email [email protected] dengan mengisi data detail, dalam format email yang berisi nama lengkap, NIK KTP, tempat tanggal l.ahir, serta nomor ponsel.

"Lampirkan pula sertifikat vaksin yang salah untuk perbaikan," ujarnya.

Ia menyebutkan, vaksinasi booster ini bertujuan untuk meningkatkan sekaligus mempertahankan daya tahan tubuh terhadap ancaman penularan Covid- 19. Oleh karena itu, pihaknya berharap kelompok prioritas vaksinasi booster segera mengakses fasyankes maupun sentra vaksinasi terdekat untuk mendapatkan dosis lanjutan untuk memberikan perlindungan yang optimal.

Baca halaman selanjutnya soal vaksin Covid buatan dalam negeri.

Ma'ruf Minta Vaksin Dalam Negeri Bisa Digunakan Tahun Ini

BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER