TNI AL Buka Kuota 500 Orang Pendaftaran Komcad 2022

thr | CNN Indonesia
Kamis, 27 Jan 2022 23:40 WIB
TNI AL membuka kuota untuk 500 orang dalam pendaftaran Komando Cadangan (Komcad) 2022. Jadwal pendaftaran belum diumumkan. Sejumlah prajurit Komponen Cadangan (Komcad) Kodam XII/Tanjungpura mengikuti upacara pemberangkatan latihan pembulatan di Pelabuhan Dwikora, Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (20/9/2021). (ANTARA FOTO/JESSICA HELENA WUYSANG)
Jakarta, CNN Indonesia --

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) membuka kuota untuk 500 orang dalam pendaftaran komando cadangan (Komcad) 2022. Namun, TNI AL belum mengumumkan jadwal pendaftaran tersebut.

"Ini tahun 2022, kita dapat jatah 500 nanti. Belum ada direktif dari Kementerian Pertahanan, pokoknya tahun 2022 ini," kata Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono kepada wartawan di kompleks parlemen, Kamis (27/1).

Dia menjelaskan, pendaftaran Komcad untuk TNI AL akan dibuka di sejumlah Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal). Nantinya, proses pendidikan bagi peserta Komcad akan dilaksanakan di Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) dan Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar).


Proses pendidikan bagi peserta Komcad TNI AL, lanjut Yudo, terutama akan mempelajari pengawakan alat utama sistem pertahanan (alutsista). Ia berharap para peserta nantinya akan memiliki kemampuan mengawaki alutsista, baik di laut maupun di udara.

"Kita cari para personel yang bisa mengawaki alutsista baik kapal maupun udara. Nanti sebagian memang untuk mengawaki, apa namanya, pasukan marinir," katanya.

Para peserta itu nantinya juga akan menjalani proses pelatihan atau pendidikan di kapal-kapal sipil. Beberapa kapal tersebut seperti kapal tanker, kapal angkut yang mendukung tugas pokok Angkatan Laut dalam operasi gabungan.

"Latihannya kan di kapal perang, nantinya dia akan mengawaki kapal sipil sebagai komponen cadangan," katanya.

Untuk 2022, Kemenhan rencananya akan membentuk satuan Komcad yang berjumlah total 2.500 orang. Mereka akan bertugas di rayon 1, yakni pulau Jawa, disusul ke rayon 2, 3, 4, dan 5 serta akan membentuk Komcad Matra Laut dan Udara.

Infografis Komcad, Pasukan Bela Negara Baru IndonesiaInfografis Komcad, Pasukan Bela Negara Baru Indonesia. (CNN Indonesia/Basith Subastian)
(pmg/pmg)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER